Sukses

Lifestyle

Dukung Pertumbuhan Minat Baca, Intip 5 Keuntungan Baca Buku Digital

Fimela.com, Jakarta Minat baca buku di Indonesia kian meningkat, hal ini didukung oleh data yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menunjukan bahwa indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Walau belum signifikan, namun kenaikan ini menandakan adanya progres minat baca di kalangan masyarakat. Dalam laporannya, Perpusnas mencatat indeks kegemaran membaca Indonesia pada tahun 2020 ada di angka 55,74 atau masuk kategori sedang. Skor tersebut naik 1,9 poin dari 2019 yang sebesar 53,84 serta 2,28 poin dari 2018 yang tercatat 52,92.

Beradaptasi dengan era digital dan guna terus meningkatkan angka minat baca di Indonesia, di era serba digital ini, dunia literasi juga didorong untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan inovasi dengan preferensi masyarakat. Sebagai salah satu aplikasi baca buku digital terdepan di Indonesia, Cabaca berkomitmen untuk terus menyediakan solusi sesuai kebutuhan guna menumbuhkan semangat membaca di berbagai kalangan masyarakat.

Fatimah Azzahrah selaku Co-Founder Cabaca mengatakan bahwa “Kami sadar bahwa saat ini masyarakat hidup berdampingan dengan teknologi. Untuk itu, adopsi digital dan inovasi yang dihadirkan oleh Cabaca diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses beragam koleksi buku. Selain itu, kami juga terus menambah katalog buku dan novel dari berbagai genre secara reguler, menghadirkan pengalaman membaca yang menyenangkan, menyediakan kemudahan pembayaran secara digital, dan tentunya memberikan beragam promo menarik seperti cashback hingga 100% selama periode ShopeePay Super Online Deals. Kami harap kenyamanan, kemudahan, dan keuntungan yang Cabaca sediakan dapat semakin menstimulasi antusiasme masyarakat untuk membaca buku.”

Saat ini, Cabaca memiliki ratusan koleksi buku dari berbagai genre, mulai dari buku motivasi, novel inspiratif, hingga kiat-kiat tips & trik. Berbeda dengan buku konvensional yang dicetak dalam bentuk lembaran, buku-buku di Cabaca tersedia secara digital dalam satu aplikasi dan dapat dengan mudah diakses melalui beragam perangkat, seperti smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya.

Dilansir dari rilis yang diterima tim Fimela.com, yuk kita intip 5 keuntungan baca buku digital:

Praktis 

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh buku digital adalah lebih ringkas dan praktis. Karena didukung oleh teknologi digital, semua koleksi bukumu tersimpan di dalam satu genggaman aplikasi saja. Dengan begitu, kamu bisa membaca buku apapun sesuai mood dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Jadi, kamu tidak perlu lagi membawa-bawa setumpuk buku yang hendak kamu baca. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengganti buku apapun yang sedang ingin kamu baca sesuka hati.

Terhindar dari Kerusakan

Kamu pasti pernah memiliki buku yang rusak, bukan? Entah itu sobek, basah, lecek, atau bahkan hilang. Kemungkinan kerusakan tersebut akan lebih minim terjadi pada buku digital yang tidak memiliki wujud fisik dalam bentuk kertas atau lembaran. Koleksi buku digitalmu akan lebih awet, tersimpan rapi, dan tidak akan rusak walaupun sudah tersimpan lama. Namun, tentu kamu juga harus memerhatikan bahwa perangkat elektronikmu bersih dari virus, ya.

Beragam Promo Menarik

Berbeda dengan buku konvensional, buku digital tidak memerlukan biaya cetak dan distribusi yang banyak, sehingga harga jualnya pun akan relatif lebih murah. Di Cabaca sendiri, kamu bisa membaca berbagai buku mulai dari Rp. 10.000 saja. Apalagi jika ditambah promo-promo menarik, seperti salah satunya cashback hingga 100% jika menggunakan metode pembayaran ShopeePay selama periode kampanye Super Online Deals dari tanggal 15-21 Juni 2021. Jadi, kamu bisa membaca daftar buku impian kamu dengan harga miring.

Penyimpanan yang Praktis

Selain hemat biaya, buku digital juga hemat tempat. Jika kamu pecinta buku pastinya akan memerlukan lemari khusus, tapi dengan buku digital, kamu hanya memerlukan media elektronik sejenis handphone atau laptop sebagai tempat penyimpanan. Tidak perlu mempersiapkan lemari yang besar khusus untuk buku yang membuat ruanganmu sempit. Dengan membaca buku digital di Cabaca akan membuat ruangan kamar atau rumahmu tidak sempit dan berantakan.

Fitur Bookmark

Saat membaca buku yang tidak terselesaikan dalam satu waktu, kamu pasti sering kali menandai buku dengan melipat ujung halamannya, alhasil buku menjadi rusak. Nah, dengan membaca buku digital, kamu tidak perlu merusak bukumu lagi karena tersedia fitur bookmark. Kamu juga bisa menambahkan daftar buku yang hendak kamu baca atau membaca ulang deretan buku yang belum sempat kamu selesaikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading