Sukses

Lifestyle

Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta Layanan untuk Melawan Hoaks

Fimela.com, Jakarta Kemudahan akses informasi memang memiliki banyak keuntungan. Namun tak dipungkiri, hoaks pun begitu masif beredar di masyarakat. Tak heran, puluhan bahkan ratusan berita hoaks kerap ditemui di ruang digital maupun maya. Untuk itulah KapanLagi Youniverse (KLY), dan Liputan6.com secara resmi meluncurkan layanan Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta pada Rabu, 23 Juni 2021.

Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta diluncurkan di tengah wabah COVID-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Kasus positif di Indonesia bahkan sudah tembus 2 juta. Dan, ketika pandemi diikuti ‘infodemik’, menyajikan informasi yang benar bisa menyelamatkan orang dari bahaya.

Chief Content Officer (CCO) KLY, Wenseslaus Manggut dalam rilis yang diterima Fimela (23/6) mengatakan, cek fakta adalah pekerjaan kolosal. Sebab, hoaks bertebaran di banyak tempat, masif, dan datang dalam beragam topik serta platform. 

“Oleh karena itu, upaya memberantasnya tidak bisa dilakukan pemerintah saja, media saja, platform saja, tapi juga harus melibatkan sebanyak mungkin elemen masyarakat dan publik,” jelasnya.

Wens menambahkan, Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta adalah solusi teknologi  untuk mengikutsertakan publik dalam pekerjaan kolosal tersebut. “Agar kita semua ramai-ramai menyapu sampah yang mengotori ruang publik digital,” tambah dia.

Alasan WhatsApp sebagai Platform Penyebaran Informasi Cek Fakta

WhatsApp adalah media yang populer dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Menurut Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati, aplikasi percakapan tersebut sangat populer di Indonesia.  Layanan chatbot diharapkan akan menghubungkan jutaan pengguna WhatsApp dengan informasi anti-hoaks yang diproduksi tim Cek Fakta Liputan6.com.

“Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta ini akan memudahkan publik melawan hoaks dengan cara yang sangat simpel, melalui aplikasi percakapan yang digunakan sehari-hari,” kata Irna.

Sahabat Fimela cukup mengetik kemudian mengirimkan kata kunci, dan seketika akan mendapat jawaban dari informasi yang telah ada di database Liputan6.com. Irna berharap, kemudahan untuk memverifikasi informasi melalui Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta akan mengundang partisipasi aktif masyarakat untuk melawan hoaks atau kabar dusta.

“Dengan begitu akan semakin banyak pengguna yang terjaga kewarasannya dan tidak lagi dipermainkan para pembuat hoaks,” tambah Irna.

Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta sebagai Kemudahan Akses Informasi yang Nyata

Product Director KLY, Ivan Valentino mengungkapkan, Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta menjadi alternatif solusi dari permasalahan yang kita hadapi bersama.

“Penyebaran informasi kini bertumbuh makin cepat, sehingga makin sulit untuk membedakan kebenaran sebuah berita,” kata Ivan. Situasi makin pelik ketika judul atau headline yang dipilih cenderung memicu emosi pembaca yang langsung merespons tanpa membaca isinya. 

“Untuk itu, tim Product KLY dan Liputan6.com bekerja sama dengan WhatsApp untuk memberikan kemudahan bagi pembaca melakukan cek fakta, kapan pun dan di mana pun, dengan produk baru yang siap digunakan, yaitu: Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta,” kata Ivan.

Penggunaannya pun tak rumit. Menariknya Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta menyediakan sejumlah layanan, di antaranya pengecekan informasi dan tips untuk membentengi diri dari hoaks.

Tertarik untuk mengakses Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta? Berikut caranya:

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#ElevateWoman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading