Sukses

Lifestyle

Sering lupa menaruh barang? Ini tips untuk memperkuat daya ingatmu!

Jakarta Kualitas daya ingat seseorang berbeda–beda, ada yang cepat dalam menangkap sesuatu ada juga yang lambat. Ada yang mudah mengerti dengan hanya mendengar sesuatu tapi ada juga yag harus membaca dan melihat terlebih dahulu baru mengerti. Namun kualitas daya ingat seseorang tidak hanya bergantung pada pendidikan atau lingkungan sekitar, tapi juga dari kebiasaan yang selalu dilakukan sehari hari, seperti kurang tidur dan depresi. Faktor lain yang dapat mengurangi daya ingat adalah jarangnya melatih otak kita sendiri, Fimelova. Beberapa ilmuwan mengatakan otak yang sering dilatih akan memperkuat daya ingat dan kecerdasan juga. Berikut tips dan trik yang mudah diikuti untuk memperkuat daya ingatmu!

Rutin berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan sistem peredaran darah, walaupun hanya dengan latihan sederhana seperti, berjalan kaki, bersepeda atau berenang dapat meningkatkan daya kerja jantung dan oksinegasi otak. Terbukti secara ilmiah bila seseorang berjalan sebanyak 3 jam dalam seminggu akan meningkatkan daya ingat pada umur 50 tahun ke atas.

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, karena makanan tersebut dapat mempertajam daya ingat kamu, seperti brokoli, kacang – kacangan, ikan salmon dan minyak nabati. Jangan lupa juga untuk selalu sarapan di pagi hari, apalagi sarapan dengan sayur, telur, dan buah–buahan, karena sarapan dapat meningkatkan kinerja seseorang di pagi hari.

Tidur cukup

Riset membuktikan bahwa ketika manusia sedang tidur, ingatan akan tersimpan di gudang ingatan dan otak akan menyusun kegiatan apa saja yang kamu lakukan pada hari itu, kemudian menyambungkannya dengan ingatan dan informasi yang terdahulu yang sudah ada di otak kamu sebelumnya. Jadi, kamu sudah tahu dong apa yang akan terjadi kalau kurang tidur?

Bermain Games

Games yang dimaksud di sini adalah bermain puzzle atau teka–teki yang membuat otak kamu berpikir. Terlalu lama bekerja dan belajar akan membuat otak kamu merasa lelah dan penat. Agar lebih rileks, coba deh games yang dapat mengasah otak, sehingga otak kamu menjadi lebih lincah dalam berpikir.

Mengembangkan kebiasaan baru

Setiap melakukan kebiasaan baru berarti kamu melatih otak untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan. Tidak perlu yang ribet, Fimelova. Sederhana saja, misalnya mencoba memakai celana dengan satu tangan, atau meletakkan sesuatu dengan mata tertutup. Kebiasaan baru tersebut dapat meningkatkan daya ingat kamu.

Lakukan hal-hal di atas secara rutin, dan pasti kebiasaan kamu yang suka lupa menaruh barang-barang kecil akan hilang secara perlahan. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading