KAPANLAGI NETWORK
MORE

Traveler Checklist: Tetap Aman Meski Traveling Sendirian

Jumat, 14 Oktober 2016 07:00 Oleh: Monica Dian

Saat traveling, keamanan menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Apalagi jika harus pergi sendirian tanpa teman.

Jika sedang tidak ada teman untuk temani traveling, tak ada salahnya melakukannya seorang diri. Bahkan, seringkali liburan sendiri justru lebih menyenangkan karena kita dapat menghabiskan waktu untuk menikmati kesendirian sambil menjelajah tempat-tempat seru di negara atau kota yang kita kunjungi. Namun, yang menjadi fokus masalah adalah amankan traveling sendirian? Apalagi perempuan rentan mendapat perlakuan buruk. Jawabannya aman-aman saja jika kita memperhatikan beberapa hal berikut.

Lakukan Riset pada Destinasimu

Kemanapun negara atau kota yang dituju, perhatikan apakah destinasi tersebut aman, dalam artian bukan negara konflik dan sedang tidak terjangkit virus berbahaya. Lakukan pula pengamatan tentang kebudayaan masyarakat setempat dan segala akomodasi yang tersedia di sana.

Jaga Barang Berharga

Barang-barang penting seperti paspor, kamera, laptop, tablet, perhiasan, kartu kredit, dan semua yang berharga sebaiknya ditaruh dalam tas yang kamu pegang setiap saat. Jangan pernah menaruh barang berharga tersebut di koper atau tas yang bisa lepas dari penglihatanmu.

Habiskan Lebih Banyak Uang untuk Keselamatan

Being safe is everything ketika kamu melakukan perjalanan seorang diri. Misalnya saja, ketika pesawat harus transit tengah malam di sebuah kota. Daripada berjalan kaki mencari sebuah guesthouse atau hotel, lebih baik gunakan lebih banyak uang untuk dapatkan fasilitas jemput dari guesthouse tersebut. Naik kendaraan tentu lebih aman dibanding jalan kaki atau naik bus.

Teman atau Keluarga Harus Tahu

Saat hendak pergi sendiri, setidaknya beri tahu anggota keluarga atau teman soal kepergianmu, mulai dari tujuan, itinerary, sampai jam penerbangan. In case there's something bad happens, mereka tahu harus mengambil langkah sigap. Tetaplah rajin memberi kabar agar mereka yakin kamu dalam keadaan baik.

Pilih Transportasi Terpercaya

Kamu tak akan bisa sampai di tempat tujuan bila tidak didukung dengan transportasi yang siap mengantarmu dengan aman. Sebaiknya pilihlah maskapai penerbangan terpercaya yang memberikanmu rasa aman dan nyaman seperti Batik Air. Maskapai penerbangan ini memiliki prestasi jarang delay dan selalu mengantarkan penumpang ke tempat tujuan dengan aman.

Komentar Anda
Keep going