Sukses

Lifestyle

Yoga di Kantor, Lakukan 7 Pose Ini Sambil Duduk

Jakarta Pekerja kantoran sehari-hari selalu dihadapkan dengan komputer dan duduk seharian, leher kaku dan pegal-pegal pasti tak asing dirasakan. Agar badan terasa rileks dan pikiran lebih fresh, kita bisa sedikit meregangkan dan melemaskan otot di sela-sela jam kerja tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Gerakan-gerakan ini mudah dipraktikkan untuk recharge tubuh, agar semangat bekerja kembali. Berikut ini tujuh pose yoga yang bisa kita coba saat di kantor:

  1. Raised Hand Pose

Pose pertama, posisi duduk tegak lurus dengan kedua tangan diangkat ke atas lurus ke atas dan terbuka lebar. Kemudian, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Saat menghembuskan napas, bawa tubuh ke belakang dengan sedikit menekuk punggung dan dada bagian atas mengikuti bentuk kursi. Tahan gerakan ini selama beberapa detik, lalu perlahan lepaskan tangan di sisi samping tubuh.

  1. Twist Pose

Tetap dengan posisi punggung tegak lurus, ambil dan buang napas lalu letakkan kedua tangan pada pegangan kursi dan putar tubuh ke bagian sisi kanan dan kiri secara perlahan. Pose ini dapat membantu meredakan sakit punggung, akibat terlalu lama duduk dan membungkuk.

  1. Wrist Release Pose

Sering mengetik saat bekerja? Biarkan pergelangan tangan dan lenganmu rileks sejenak. Caranya: bengkokkan kedua pergelangan tangan ke segala arah, kemudian arahkan tangan kanan ke belakang dengan menekan ujung-ujung jari menggunakan tangan kiri, tahan selama beberapa detik lakukan secara bergantian. Selanjutnya, angkat kedua tangan terbuka ke arah atas dan goyangkan kedua pergelangan tangan dengan cepat ke segala arah. Gerakan ini akan membuat tangan terasa lebih rileks.

  1. Side Angle Pose

Posisikan duduk tetap tegak dengan kedua kaki menyentuh lantai, lalu bawa ujung jari tangan kanan ke lantai dan letakkan di samping kaki. Biarkan posisi tangan kiri lurus ke arah atas dan tarik napas panjang saat mulai memiringkan badan, tahan posisi ini selama beberapa detik. Lakukan pose ini secara bergantian kiri dan kanan.

  1. Warrior Pose

Posisikan duduk menyamping, lakukan posisi menyamping ke arah kanan dan kanan berada di depan badan, lalu kaki kiri berada di belakang dengan posisi diluruskan. Posisi tangan di samping badan dengan terbuka lebar, lalu tarik napas panjang. Kemudian angkat tangan lurus ke atas sambil membuang napas secara perlahan, lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri dan berulang sesuai hitungan.

  1. Desk Shoulder Opener Pose

Terbiasa membuka tutup laci, ternyata ini juga bisa dijadikan gerakan yoga saat di kursi lho. Gerakan buka tutup laci berfungsi untuk memberikan peregangan setelah terlalu lama duduk tegak di kursi, serta untuk mengembalikan bahu ke arah yang benar. Caranya, geser kursi kita  ke belakang menjauhi meja dan pastikan hanya kedua tangan yang bisa mencapai laci meja. Luruskan kedua lengan yang terbuka hingga menyentuh laci, kemudian jatuhkan kepala diantara kedua lengan untuk mencapai peregangan bahu yang baik.

  1. Savana Pose

Pose terakhir ini layaknya pendinginan jika di kelas yoga. Di mulai dengan memejamkan mata, duduk tegak, posisi kaki tetap menyentuh lantai, dan letakkan tangan di pangkuan. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan nikmati prosesnya. Pose savana  membantu tubuh untuk menyerap dari semua enam pose yang telah dilakukan sebelumnya.

 Baca juga:

Penyanyi Lorde Minta Maaf untuk Foto yang Seolah Singgung Kematian Whitney Houston

Pernyataan Sikap AMSI Meminta Pemerintah Jamin Keamanan Data Pribadi

Tertarik mencoba yoga dengan pose-pose di atas saat santai di kantor? siapa tahu tubuh bisa kembali segar dan siap menyelesaikan deadline pekerjaan berikutnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading