Sukses

Lifestyle

Dua Astronaut Perempuan yang Menorehkan Sejarah

Fimela.com, Jakarta Perempuan juga bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan, dan mereka telah membuktikan jika sama baiknya dengan laki-laki dalam segala bidang pekerjaan.

Halnya dengan sosok dua perempuan ini. Mereka bahkan sampai menorehkan sejarah dan merebut perhatian dunia.

Valentina Tereshkova

Lahir di Rusia 6 Maret 1937, pemilik nama lengkap Valentina Vladmirovna Tereshkova ini tercatat sebagai perempuan pertama di dunia yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Sebelum perekrutan sebagai astronaut, Tereshkova adalah pekerja pabrik perakitan tekstil dan skydiver amatir. Ia dikenal sebagai pendobrak perubahan bagi kaum perempuan yang ingin menjadi antariksawan.

Valentina Tereshkova, perempuan pertama yang berhasil ke angkasa luar (Public Domain)

Anousheh Ansari

Lahir September 12, 1966, di Mashhad, Iran. Ia tercatat sebagai wanita Muslim pertama yang pergi ke luar angkasa. Anousheh sudah memiliki keinginan atau cita-cita untuk menjelajah luar angkasa sejak ia masih kanak-kanak, dan ia telah berjuang keras untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Setelah berhasil menjelajah luar angkasa pertama kali pada tanggal 18 September 2006 lalu, Anousheh terus menyebarkan inspirasi. Dia sangat ingin bisa membuat lebih banyak orang merasakan pengalaman menjadi astronaut yang bisa menjelajah luar angkasa dan pastinya menginspirasi anak muda khususnya para perempuan untuk mewujudkan impian mereka.

Peneliti NASA, Anousheh Ansari, memperlihatkan tanaman yang tumbuh dalam modul pesawat luar angkasa. Foto : NASA

 

 

 

What's On Fimela
Loading