Sukses

Lifestyle

Kekuatan Media Sosial dan 'Star Power' Andien Gerakkan Donasi Kanker

Jakarta Itulah nasib yang dialami oleh Ibu Rosida, perempuan berusia 46 tahun yang harus mengalami nasib tragis karena terusir dari kontrakannya sendiri, karena kanker yang ia derita. Penyakit kanker yang membuat payudaranya membusuk, lalu menimbulkan bau tidak sedap. Terusir oleh warga, tidak punya keluarga yang merawatnya, akhirnya Ibu Rosida tinggal di gerobak.

Saya menemukan informasi ini di akun media sosial pribadi Andien yang mulai membagikan kabar sedih Ibu Rosida ini 4 hari lalu, dan memutuskan mengikuti perjalanan Andien untuk merespon kejadian ini. Andien sendiri mendapar kabar tentang penemuan Ibu Rosida melalui akun media sosial pribadinya. Terhitung 4 hari Ibu Rosida tinggal di gerobak, hanya dengan selembar kain, tanpa atap, sampai ia ditemukan oleh tim Andien dan sang suami, yang bergerak bersama beberapa teman untuk mengevakuasi Ibu Rosida di daerah Cibinong.

Syukurlah, Ibu Rosida saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Kanker Dharmais dan mendapat perawatan yang ia butuhkan. Ia sudah tidur di bawah atap yang nyaman, kotoran yang menempel di badan selama ia terpaksa tinggal di gerobak sudah dibersihkan, dan kondisinya pun membaik. Meski perjalanannya melawan kanker masih sangat panjang.

Bersama sang suami, Andien mengumpulkan donasi untuk membantu perawatan Ibu Rosida. Cukup mengagumkan, karena belum dalam waktu seminggu, sudah terkumpul Rp 200 juta lebih (dari beberapa sumber inisiatif berbeda yang fokus dengan kondisi Ibu Rosida) yang mudah-mudahan cukup untuk membiayai perawatan Ibu Rosida. Terlihat popularitas Andien membuat kabar ini cepat tersiar, dan sampai ke individu-individu yang sanggup memberikan donasi. Fungsi media sosial yang sudah sering terlihat di luar negeri, tapi jarang sekali kita temukan di sini.

Saat ditanya mengenai inisiatif yang ia lakukan ini, Andien memberikan dua kutipan di bawah ini untuk kita renungkan.

“No one has ever become poor by giving.” Kurang lebih artinya, nggak ada orang yang pernah menjadi miskin karena memberi sebagian dari yang ia punya. Lalu,…

“Jika ingin segala urusanmu dilancarkan dan dipermudah, maka mudahkanlah hidup orang lain.”

Dan seperti yang sering diucapkan oleh pembawa acara terkenal Ellen DeGeneres saat menutup talkshownya, “Be kind to one another.” Bersikap baiklah pada siapapun.

Fimelova, bisa mengetahui nomor rekening untuk memberikan sumbangan pada Ibu Rosida di akun media sosial Andien atau cek kitabisa.com. Dan kami akan terus mengikuti perjalanan Andien dan Ibu Rosida. Stay tuned.

Untuk warga kontrakan yang mengusir Ibu Rosida, God Bless You.

Update berita 12 Februari 2016:

Ibu Rosida meninggal hari ini, pagi sekitar pukul 08:07. Kabar kami dapat dari akun media sosial Instagram dan pribadi Andien Aisyah. Semoga almarhummah diberikan tempat yang terbaik di sisiNya.

 

foto: Andien Aisyah

What's On Fimela
Loading