Sukses

Lifestyle

5 Makanan Khas Jawa yang Enaknya Juara, Pernah Mencobanya?

ringkasan

  • Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta.
  • Rawon adalah makanan khas Surabaya.
  • Rujak cingur makanan khas Surabaya.

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan negara dengan ragam budaya dan kuliner yang mengesankan. Di setiap daerah memiliki budaya dan kuliner yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Meski begitu, semuanya memiliki kekhasan yang menarik.

Bicara mengenai kuliner, kali ini Fimela memiliki daftar kuliner atau makanan khas Jawa yang enaknya juara. Tak hanya enak, makanan ini juga bakal bikin siapa saja jatuh cinta.

Mulai dari daerah Jawa Barat hingga Jawa Timur, semuanya memiliki makanan khas masing-masing yang super sedap. Semuanya juga memiliki ciri khas masing-masing yang membuatnya jauh lebih mengesankan. Inilah beberapa makanan khas Jawa yang enaknya juara.

Gudeg, Nasi Liwet, Oseng-Oseng Mercon

Gudeg

Makanan pertama ada gudeg. Gudeg merupakan khas Jawa tepatnya Yogjakarta dan sekitarnya. Tak hanya terkenal di Indonesia, gudeg telah terkenal hingga berbagai negara di dunia. Gudeg sudah menjadi makanan kesukaan masyarakat Yogyakarta sejak tahun 1956 silam.

Nasi Liwet

Makanan khas Jawa yang enaknya juara selanjutnya ada nasi liwet. Nasi liwet merupakan makanan khas Solo. Nasi liwet mirip dengan nasi uduk tapi teksturnya lebih lembut seperti bubuk ayam. Nasi liwet disajikan bersama sayur labu siam, ayam goreng, bawang goreng atau sesuai selera.

Oseng-oseng Mercon

Ini juga menjadi makanan khas Jawa yang enaknya juara. Oseng-oseng mercon memiliki cita rasa pedas yang bikin nagih. Terbuat dari daging sapi, oseng-oseng mercon siap memanjakan lidah siapa saja yang suka makanan pedas.

Rawon, Rujak Cingur

Rawon

Makanan khas Jawa selanjutnyaa ada rawon. Makanan ini berasal dari Jawa Timur tepatnya Surabaya, Pasuruan dan sekitarnya. Rawon adalah sup daging dengan kuah hitam karena menggunakan bumbu kluwek di dalamnya. Rawon biasanya disajikan bersama nasi putih, taburan bawang goreng, kecambah, kerupuk udang dan potongan telur.

Rujak Cingur

Makanan khas Jawa selanjutnya ada rujak cingur. Rujak cingur juga berasal dari Jawa Timur tepatnya kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, rujak cingur adalah makanan rujak yang diberi potongan cingur di atasnya kemudian disiram dengan sambal kacang dengan tambahkan saus petis.

Itulah beberapa makanan khas Jawa yang enaknya juara dan siap memanjakan lidah siapa saja. Selain makanan di atas, di Jawa juga masih ada banyak makanan khas lain seperti soto, ayam lodho, lontong balap, dan masih banyak lagi. Kalau Sahabat Fimela, makanan khas Jawa apa nih yang sudah dicoba?

#GrowFearless with FIMELA

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas