Sukses

Food

10 Cara Membuat Daging Sapi Cepat Empuk dengan Bahan Pilihan

Fimela.com, Jakarta Pernah merasa gagal membuat olahan daging sapi karena teksturnya yang kurang empuk? Daging sapi yang alot jelas akan merusak rasa dan kelezatan masakan. Untuk itu, daging sapi perlu kita siapkan dengan baik sebelum diolah.

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk membuat daging sapi cepat empuk. Kita bisa menggunakan bahan-bahan tertentu yang dapat membuat daging memiliki tekstur yang lebih empuk dan lembut. Selengkapnya langsung simak tips dan caranya berikut ini.

1. Menggunakan Buah Nanas

Buah nanas terutama nanas muda bisa membuat daging sapi cepat empuk. Saat merebus daging, tambahkan sedikit potongan buah nanas ke dalamnya. Masak daging dan buah nanas bersama-sama hingga daging empuk. Bisa juga dengan membaluri daging sapi dengan buah nanas parut, lalu didiamkan beberapa saat sebelum diolah. 

 

2. Menggunakan Daun Pepaya

Getah daun pepaya memiliki kemampuan memecah serat protein daging dengan cepat dan biasanya cara ini juga yang sering dipilih orang untuk mengempukkan daging. Cukup remas-remas dengan daging dan bungkus daging dalam daun yang sudah diremas-remas. Cara lain, kita bisa tinggal membungkus dagingn sapi dengan daun pepaya, diamkan beberapa saat sebelum diolah.

 

3. Menggunakan Daun Nangka

Daun nangka bisa digunakan untuk membuat daging lebih empuk. Caranya mudah. Tambahkan 3 sampai 5 lembar daun nangka ke dalam rebusan daging, rebus bersama-sama hingga daging empuk.

 

4. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel bukan hanya menghilangkan bau amis daging tapi juga membantu membuat daging empuk saat dimasak. Kita bisa menggunakan cuka apel untuk membuat daging sapi cepat empuk. Caranya simpel. Daging sapi yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong bisa langsung dilumuri cuka apel secukupnya. Diamkan beberapa saat sebelum daging sapi diolah.

 

5. Menggunakan Biji Kurma

Bila memiliki buah kurma, bijinya jangan langsung dibuang. Biji kurma diyakini bisa membantu membuat daging sapi cepat empuk. Cukup tambahkan biji buah kurma utuh ke dalam rebusan daging. Menambahkan 2 sampai 3 biji kurma ke dalam rebusan daging akan membuat daging cepat empuk dan teksturnya lembut tanpa mengubah rasa daging.

 

6. Menggunakan Buah Tomat

Seperti halnya buah-buahan asam lain, ternyata tomat juga bisa membantu mengempukkan daging. Haluskan buah tomat menjadi jus. Setelah itu, tinggal rendam daging sapi dengan jus tomat segar selama 10-15 menit.

 

7. Menggunakan Cola

Belum banyak yang tahu bahwa ternyata coca-cola bisa membantu mengempukkan daging. Cukup direndam atau tuangkan langsung coca cola saat memasak daging di dalam panci. Rebus daging sapi bersama cola untuk membuatnya cepat empuk. 

 

8. Menggunakan Kopi Bubuk

Kopi bubuk bukan hanya membantu menghilangkan bau daging tapi juga menghancurkan serat protein sehingga daging empuk digigit. Cukup seduh kopi bubuk dengan sedikit air panas dan campurkan dengan daging. Diamkan selama beberapa saat, baru setelah itu olah daging sapi sesuai selera.

 

9. Menggunakan Buah Lemon

Air perasan lemon sudah sangat umum dijadikan bahan penghilang bau pada daging. Selain itu ternyata air perasan buah lemon juga bisa bantu membuat daging cepat empuk. Kucuri daging sapi dengan air perasan lemon dan diamkan selama sekitar 25 menit agar teksturnya lebih empuk.

 

10. Menggunakan Buah Kiwi

Buah kiwi memang tergolong buah yang cukup mahal. Sehingga sepertinya jarang ada yang menggunakan buah ini untuk membuat daging sapi cepat empuk. Tapi tak ada salahnya juga mencoba. Sebab kandungan asam dalam buah kiwi  ampuh memecah serat daging dan membuatnya empuk. 

Kita bisa memilih salah satu tips atau cara di atas untuk membuat daging sapi cepat empuk. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading