Sukses

Lifestyle

13 Rekomendasi Novel Horor yang Bikin Merinding Pembacanya

Fimela.com, Jakarta Para pecinta novel genre horor, merasa bahwa membaca novel horor bisa terhibur, karena banyak misteri yang seru untuk dipecahkan, walaupun ceritanya bisa bikin merinding.

Novel horor biasanya dikemas dengan cerita penuh teka-teki, dengan plot twist yang penuh dengan kejutan, kemudian akhirnya ceritanya berbeda dengan ekspektasi para pembacanya.

Dalam novel horor juga terbagi ke dalam beberapa genre lainnya, yaitu thriller, psychological horror, supernatural horror dan lain-lain, yang alur ceritanya berbeda-beda. Berikut rekomendasi novel horor yang bisa dibaca, yang dilansir dari Goodreads (10/08):

Rekomendasi Novel Horor Bikin Merinding

1. Surat Dari Kematian

Rekomendasi novel horor yang pertama adalah Surat Dari Kematian, yang merupakan karya dari penulis Adham T Fusama. Novel ini tidak hanya bercerita tentang kisah hantu saja. Namun novel ini menceritakan tentang misteri Gama Plaza. Kinan dan Zein adalah seorang youtuber yang telah membangunkan hantu penuh dendam, yang ada di Gama Plaza.

Menurut sejarahnya, pernah ada orang yang bunuh diri di Gama Plaza, karena stres dengan tugas kuliah. Novel ini penug dengan misteri, dengan memunculkan hantu legenda rakyat, dengan alur cerita yang pas.

2. Holy Mother

Jika menginginkan novel horor dengan jalan cerita yang tidak tertebak, Holy Mother adalah solusinya. Novel Holy Mother adalah salah satu novel karya Akiyoshi Rikako. Novel ini banyak digemari para pecinta genre horor, karena ceritanya dikemas dengan penuh misteri dan plot twist. Sehingga pembaca selalu penasaran dengan akhir ceritanya.

Novel yang berasal dari Jepang ini, menceritakan tentang kisah pemerkosaan dan pembunuhan, yang dialami oleh anak laki-laki. Kemudian Honami yang memiliki anak perempuan, juga berusaha untuk melindungi anaknya.

3. Misteri Patung Garam

Misteri Patung Garam adalah novel karya Ruwi Meita, yang memiliki cerita misteri yang dibalut dengan pembunuhan sadis, sehingga para pembacanya bisa merinding jika membaca tiap adegan dalam novel.

Penulis juga memberikan sebuah petunjuk dalam ceritanya, tentang pembunuhan sadis yang korbannya dilumuri dengan garam. Walaupun terkesan sadis, tapi ada beberapa cerita humor yang terselip dalam novel.

 

Rekomendasi Novel Horor yang Seru

4. The Girl with All the Gifts

Novel horor yang selanjutnya adalah The Girl with All the Gifts, karya dari penulis MR Carey. Novel ini menceritakan tentang awal mula munculnya virus zombi di dunia. Virus zombi ini berada di dalam tubuh seorang yang bernama Melanie, tetapi ia tidak menyadari hal tersebut.

Cerita dalam novel ini dikemas sangat menarik, sehingga novel ini sering mendapatkan penghargaan. Bahkan di tahun 2016, novel ini diadopsi menjadi film horor yang banyak diminati pecinta genre horor.

5. Lost

Novel horor berjudul Lost karya dari Eve Shi, menceritakan tentang seorang perempuan SMA dengan latar belakang apartemen, dan terdapat hantu wanita berambut panjang.

Ceritanya dikemas dengan suasana kelam dan mencekam. Dalam novel ini juga menceritakan tentang pergaulan, serta keluarga dari tokoh utama. Novel ini juga memiliki plot twist yang membuat pembaca penasaran.

6. The Haunting of Hill House 

Novel ini merupakan novel terbaik dan terlaris pada abad ke-20, tahun 1960. Saking larisnya novel ini telah dua kali diangkat ke layar lebar. Versi pertama rilis pada 1963 dan mendapat pujian dari para kritikus, sedangkan versi keduanya yang rilis pada 1999 mendapat kecaman, karena jauh berbeda dengan novelnya. 

The Haunting of Hill House mengisahkan tentang satu orang dokter dan tiga orang relawan yang tinggal selama liburan musim panas di sebuah rumah terpencil. Bukan tanpa tujuan, sang dokter sedang mengadakan penelitian terkait trauma dan dampak psikologis. Hill House yang dirumorkan berhantu menjadi lokasi tepat untuk penelitian sang dokter, alur cerita novel ini juga membuat kita penasaran dan dapat membuat kita merinding loh! 

Rekomendasi Novel Horor yang Seram

7. Kisah Tanah Jawa

Novel Kisah Tanah Jawa adalah novel yang ditulis oleh Kisah Tanah Jawa, yaitu Bonaventura D. Genta, Mada Zidan (Mbah KJ) dan Hari Kurniawan. Novel ini berlatar belakang tentang hal-hal mistis yang menjadi mistos dan fakta sejarah, yang terdapat di tanah Jawa.

Ada banyak sekali cerita mistis, sosok misterius, ritual mistis dan tempat-tempat angker, yang berada di Tanah Jawa ini. Dalam novel ini, penulis ingin mengajak pembaca menguak tentang mitos dan fakta sejarah yang ada di Tanah Jawa.

8. Wingit

Rekomendasi novel horor yang terakhir yaitu Wingit, karya youtuber ternama, Sara Wijayanto. Novel ini menceritakan tentang kisah hantu, yang Sara temui di lokasi syuting bersama tim.

Dalam novel ini, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran yang diambil dari kisah hantu, yang muncul dalam penelusuran Sara dan tim. Ceritanya dikemas dengan sangat menarik, sehingga pembaca penasaran dan merinding saat membacanya.

9. Dracula

Novel dengan judul Dracula ini merupakan sebuah karya dari penulis Bram Stoker, yang telah diadaptasi berkali-kali ke dalam format pertunjukan teater, film layar lebar dan serial televisi. Sebab novel ini memiliki cerita yang unik sekaligus menegangkan.

Count Dracula yang menjadi tokoh antagonis pada film ini, dijadikan sebuah referensi utama bagi tokoh vampir-vampir modern. Awal mula, novel ini menceritakan sang tokoh utama yaitu Count Dracula yang berusaha untuk pindah dari Transilvania ke Inggris, agar dia bisa mendapatkan darah baru dan menyebarkan virus vampir.

Pada beberapa bagian cerita novel ini, mengalami konflik karena usaha Count Dracula dicegah oleh sekelompok manusia pemberani yang dipimpin oleh Professor Abraham Van Helsing.

Rekomendasi Novel Horor yang Menegangkan

10. A Head Full of Ghosts

A Head Full of Ghosts merupakan karangan dari Paul Tremblay yang merupakan penulis cukup terkenal di kalangan para pencinta novel horor. Novel ini masuk nominasi World Fantasy Award untuk kategori Best Novel pada 2016 dan nominasi Goodreads Choice Award kategori Horror pada 2015.

Novel A Head Full of Ghosts bercerita tentang tokoh Mizanstore Merry yang tidak percaya pada orang-orang yang mengatakan bahwa kakaknya Marjorie kerasukan, dikarenakan Marjorie tiba-tiba sering melakukan hal yang mengerikan  mulai dari melempar barang, memberantaki kamarnya, berteriak di malam hari dan karena tidak tahan dengan suara yang berada dikepalanya dia bahkan melukai dirinya sendiri dengan membenturkan kepalanya ke tembok, yang lebih parahnya lagi dia mengancam adiknya sendiri dengan perkataan dia yang sangat mengerikan.

11. Tewasnya Gagak Hitam

Novel karangan Sidik Nugroho ini adalah salah satu novel horror yang gak kalah menyeramkan dan merupakan karya anak bangsa loh! bercerita tentang Penulis dengan nama pena Gagak Hitam yang ditemukan meninggal karena bunuh diri.

Lalu muncul lah dua kasus yang berkaitan namun terjadi di kota yang berbeda, kasus pertama berawal dari kematian misterius yang membuat seorang pelukis bernama Elang pergi ke daerah Singkawang untuk menyelusurinya, Elang juga dibantu oleh polisi lokal bernama Agung, Lalu kasus kedua datang dari seorang dokter bernama Nina yang juga ditemukan meninggal di Jakarta. 

12. Penghuni Tanah Tabu

Novel  ini seakan mengajak kita ke berbagai tempat yang terkenal angker dan juga mengajak  kita untuk mencaritahu apa yang sebenarnya ada di tempat angker tersebut. Membaca buku ini membuat kita seolah-olah sedang melakukan kegiatan yang sangat mengerikan, Penghuni Tanah Tabu ditulis oleh komunitas Wisata Mistis. 

Walaupun terkadang novel horor sering dianggap memiliki dampak yang negatif. Namun, ternyata juga memiliki berbagai manfaat, lho! Pada dasarnya sebuah novel dibuat untuk menghibur, namun menurut Cari Romm sebagai ahli di pusat studi ilmiah AS menyatakan bahwa, “cerita seram dan mimpi buruk adalah latihan untuk menghadapi ketakutan dalam dunia nyata”.

13. Keluarga Tak Kasat Mata

Novel Keluarga Tak Kasat Mata adalah sebuah novel dengan cerita yang hampir sama dengan kisah nyata. Dalam novel ini, menceritakan tentang pengalaman Genta yang baru saja pindah ke kantor barunya. Ternyata di dalam kantor dia terdapat keluarga lain yang tidak kasat mata alias hantu.

Banyak orang beranggapan kalau cerita dalam novel ini, diambil dari kisah nyata yang ada di kota Yogyakarta. Ada banyak hantu yang diceritakan dalam novel ini, yang sering kali mengganggu aktivitas kerja Genta dan teman-temannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading