Sukses

Lifestyle

18 Rekomendasi Buku Psikologi yang Wajib Dibaca

Fimela.com, Jakarta Mempelajari sikap manusia itu sangat diperlukan dalam lingkungan sosial. Sehingga ada banyak orang yang tertarik mempelajari ilmu psikologi, dengan mengoleksi buku-buku psikologi dan berkonsultasi langsung dengan psikologi.

Dalam buku psikologi membahas tentang pola pikir manusia yang dapat dipelajari. Dengan membaca buku psikologi, Sahabat Fimela dapat belajar mengatur pola pikiran, memahami kesehatan mental, menenangkan pikiran yang sedang stres, bahkan bisa dijadikan sebagai media edukasi yang terkait dengan sains dan medis.

Buku psikologi sangat mudah ditemui di toko-toko buku atau melalui aplikasi buku online, baik buku yang ditulis oleh pengarang Indonesia dan dari luar negeri. Berikut rekomendasi buku psikologi, yang wajib kamu baca, dilansir dari beberapa sumber:

Rekomendasi Buku Psikologi Tentang Pola Hidup Baik

1. The 5 AM Club

Rekomendasi buku psikologi yang pertama adalah The 5 AM Club, karya dari penulis Robin Sharma. Buku psikologi ini dapat membantumu untuk lebih produktif, dengan melakukan perubahan sikap mulai dari hal yang sederhana.

Seperti judulnya, penulis mengajak pembaca untuk mengubah sikap sederhana mulai dari pagi hari. Buku ini memiliki pengaruh yang besar dan berisi tentang hal, yang bisa membantumu lebih positif, produktif dan sehat.

2. The Things You Can See Only When You Slow Down

Buku The Things You Can See Only When You Slow Down karya dari Haemin Sunim, mengajarkan tentang bagaimana cara menikmati hidup secara perlahan. Penulis juga mengajarkan, kalau kita bisa melewati segala masalah dengan pikiran yang tenang dan sehat.

Buku ini sangat wajib untuk dibaca, agar lebih bisa mengenal makna kehidupan, mengenal diri sendiri dan juga orang lain. Penulisannya pun dikemas dengan kata-kata yang mudah untuk dipahami.

3. The Power of Habit

The Power of Habit adalah buku karya penulis Charles Duhigg. Dalam buku ini, kita bisa memaknai bahwa kesederhanaan merupakan sebuah langkah menuju kesuksesan, dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Penulis juga menyampaikan secara terperinci dalam buku ini, bahwa pola hidup yang baik akan membawa kehidupan dan masa depan seseorang menjadi lebih sukses, bahagia dan lebih cerah. Penulis memberikan sebuah sugesti sederhana yang bisa dilakukan, dengan tujuan menciptakan kebiasaan baik.

Rekomendasi Buku Psikologi Tentang Pola Pikir

4. The Social Animal

Kalau kamu senang berada dilingkungan sosial, serta ingin mempelajari kehidupan sosial, kamu bisa membaca buku psikologi berjudul The Social Animal, yang ditulis oleh Elliot Aronson.

Di dalam buku ini, kamu dapat mempelajari tentang ilmu psikologi dasar, yang membahas tentang psikis manusia dalam kehidupan sosial. Buku ini sangat populer dan wajib untuk dibaca.

5. Thinking Fast & Slow

Buku berjudul Thinking Fast & Slow karya Daniel Kahneman, adalah buku psikologi yang wajib kamu baca dan dipelajari. Buku ini bisa membantumu mempelajari tentang pola berpikir.

Ada banyak hal yang dapat dipelajari dalam buku ini tentang pola pikir, sehingga kamu bisa merubah pola pikir dan memiliki kebiasaan baru, yang bisa membuat mental menjadi lebih sehat dan hidup lebih bahagia.

6. The Art of Choosing

Sering kali kita bingung dalam memilih sebuah keputusan. Buku The Art of Choosing karya Sheena Iyengar sangat wajib dibaca, untuk memudahkanmu menentukan pilihan dan memahami pengaruh eksternal yang menjadi pengaruh.

Menurut penulis, dalam pilihan bisa membahayakan kehidupan manusia, karena kebingungan bisa membuat manusia menunda suatu hal, lalu melewatkan pilihan yang baik untuk hidupnya.

Rekomendasi Buku Psikologi Tentang Manusia

7. Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Rekomendasi buku psikologi yang selanjutnya, yaitu buku Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa, yang merupakan karya dari James Clear. Buku ini bisa membantumu mengubah pola hidup secara berkelanjutan.

Ada beberapa metode yang tertulis dalam buku ini, yang bisa dipelajari untuk mengubah kehidupan buruk menjadi lebih baik. Bahkan terdapat beberapa contoh kebiasaan yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan, agar hidup lebih bermakna untuk diri sendiri dan orang lain.

8. I Want to Die But I Want to Eat Tteopokki

I Want to Die But I Want to Eat Tteopokki adalah buku psikologi karya Baek Se Hee. Buku ini sangat cocok dibaca untuk orang yang tidak percaya diri, merasa tidak bahagia, menganggao diri sendiri tidak berguna, dan ingin mengakhiri hidup, seperti yang dialami oleh penulis.

Dalam buku ini, penulis menuliskan banyak sekali isi pikirannya dan pertanyaan refleksi dari penulis untuk dirinya. Jika membaca buku ini, maka pembaca akan diajak untuk mengenali dan menyadari pikiran sendiri.

9. The Selfish Gene

The Selfish Gene adalah sebuah buku karya Richard Dawkins, yang membahas tentang perubahan perilaku manusia, dan berhubungan dengan dunia biologi.

Buku ini sangat berkaitan dengan evolusi manusia, dan penelitian terhadap perubahan gen manusia, yang masih berhubungan dengan konsep pembentukan perilaku manusia.

 

Rekomendasi Buku Psikologi Tentang Kepribadian

10. Flow: The Psychology of Optimal Experience

Flow: The Psychology of Optimal Experience adalah buku psikologi yang membahas tentang betapa pentingnya kehidupan yang kita jalani ini. Kita bisa menemukan jati diri dan kepribadian yang sesungguhnya, dengan menjalani kehidupan dan produktif untuk mencapai keadaan yang sesuai pikiran.

11. Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ

Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ adalah buku psikologi tentang kepribadian, dan mengolah emosi secara cerdas. Dalam buku ini juga terdapat lima keterampilan yang bisa membantu mencapai keberhasilan kita, dalam hubunganm pekerjaan dan kesehatan.

12. The Psychology of Selling

The Psychology of Selling adalah buku yang cocok dibaca para pembisnis. Karena buku ini bisa membantu penjualanmu menjadi sukses. Ada banyak yang bisa dipelajari dari buku ini, mulai dari cara orang berpikir, alasan orang membeli dagangan, dan berbagai macam teknik kreatif untuk membujuk pembeli.

 

Rekomendasi Buku Psikologi Cocok untuk Pemula

13. The Psychology of Money: Timeless Lessons on Wealth, Greed, and Happiness

Rekomendasi buku psikologi berjudul The Psychology of Money: Timeless Lessons on Wealth, Greed, and Happiness, adalah buku tentang mengelola keuangan agar bisa bahagia. Dalam buku ini kita juga bisa mengetahui tentang cara pandang orang lain tentang uang, karena di buku ini terdapat 19 cerita pendek yang ditulis oleh penulis.

14. Maybe You Should Talk to Someone

Buku Maybe You Should Talk to Someone cocok dibaca untuk pemula, yang ingin belajar tentang dunia psikologi. Karena buku ini membahas mengenai kehidupan pribadi dan profesional seorang psikoterapis, cara membangun hubungan dengan pasien, dan kesulitan yang dihadapi selama ini, yang ditulis berdasarkan pengalaman penulis, yaitu Lori Gottlieb.

15. The Things You Can See Only When You Slow Down

The Things You Can See Only When You Slow Down adalah buku yang ringan untuk dibaca, dan penulis bisa mendapatkan banyak jawaban dari psikologi, setelah membaca buku ini. Buku ini bisa membuatmu lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari, khususnya kehidupan dalam pekerjaan.

Rekomendasi Buku Psikologi untuk Pembelajaran Diri

16. The Emotional Brain

Buku karya Joseph E LeDoux ini memiliki konsep di balik emosi manusia serta proses psikis yang membentuknya. Selain itu penulis juga melihat cara kerja biologi dan perilaku manusia untuk mencari petunjuk serta mengungkapkan sumber dari semua emosi yang dirasakan.

17. Man’s Search For Meaning

Buku ini berisi mengenai hidup yang selalu percaya dengan masa depan. Terkadang kita memiliki kebiasaan yang buruk, yaitu membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan. Meskipun baik hal ini justru membuat kita tidak siap kedepannya. Buku ini ditulis oleh Viktor E. Frankl yang menulis pengalam pribadinya dan orang lain dalam mengatasi cobaam hidup.

18. The Choice

Selanjutnya, buku ini akan mengubah cara pandang kamu mengenai masa yang kelam. Dr Edith Eger berhasil mengatasi masa lalunya yang dengan hingga menjadi seorang psikolog untuk memulihkan orang lain dalam menghadapi traumanya. Selain itu buku ini juga mendiskripsikan mengenai pemikiran dan kilas balik kehidupan Edith Eger dengan baik.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Demam Berdarah yang Paling Umum Beserta Gejala dan Cara Pengobatannya
Artikel Selanjutnya
Mengenal Penyebab Disleksia pada Anak Beserta Gejalanya