Sukses

Lifestyle

Mengenal Sejarah Friday The 13th sebagai Hari Sial, Simak Mitos dan Faktanya

Fimela.com, Jakarta Friday the 13th atau yang lebih dikenal dengan hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 dipercaya banyak orang sebagai hari yang dikutuk. Bagi mereka yang percaya, hari tersebut membawa petaka.

Dunia Barat percaya bahwa hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 dalam sebuah bulan identik dengan kesialan. Itulah sebuah mitos yang dikenal sebagai Friday the 13th. Kepercayaan ini pun semakin diperkuat dengan hadirnya film sineas Hollywood yang berjudul sama FRIDAY THE 13th.

Sayangnya, pada tahun 2021, tepatnya pada hari ini, tanggal 13 Agustus 2021 jatuh di hari Jum'at. Tidak heran jika kini ramai banyak membicarakan maupun mengkhawatirkan tentang Friday the 13th. 

Cari tahu sejarah dan mitosnya! Berikut Fimela.com telah merangkum ulasan menarik mengenai sejarah dan mitos-mitos menarik seputar Friday the 13th. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Sejarah Friday The 13th yang Dianggap sebagai Hari Sial

Bagi banyak orang, terutama mereka yang tinggal di negara-negara barat, hari Jumat yang jatuh setiap tanggal 13 adalah hari sial atau hari yang tidak menyenangkan sama sekali. Mereka mengenalnya dengan ‘Friday the 13th'. Bahkan saking banyak orang yang percaya dengan keburukan yang akan datang, sejak abad ke-19 mereka menyebut hari tersebut dengan sebutan ‘Black Friday’.

Soal sejak kapan mitos Friday the 13th tersebut banyak dipercaya oleh orang-orang memang tidak ada satu pun masyarakat yang hingga kini tahu pasti. Tapi, banyak orang yang meyakini bahwa hal tersebut erat kaitannya dengan sejarah masa lalu yang menyebut bahwa tamu ke-13 dalam Jamuan Makan Malam Terakhir akhirnya berkhianat kepada Jesus.lalu pada abad pertengahan, Jumat bertanggal 13 dianggap tanda kesialan.

Sementara itu, laman Live Science sempat menuliskan, ketakutan terhadap angka 13 dialami oleh mereka yang mengidap triskaidekaphobic atau fobia triskaideka. Orang yang mengidap fobia tersebut mereka akan menganggap bahwa tanggal 13 adalah angka sial. Mau tidak mau, setiap tahunnya memang pasti aka nada tanggal 13 yang jatuh di hari Jumat.

Angka 13 dianggap menakutkan bagi sebagian orang karena terasa ganjil. Posisinya melewati si genap 12 yang merupakan “angka keramat” bagi banyak hal, semisal jumlah paket barang-selusin, begitu juga zodiak dan bulan selama setahun. Saking menakutkannya, banyak gedung, seperti hotel atau rumah sakit yang tak tidak memiliki lantai 13 atau lebih tepatnya melongkapi angka tersebut.

Percaya dengan Friday the 13th?

Mitos Friday the 13th yang Dipercaya Banyak Orang

Dilansir dari Liputan6.com, bagi sebagian orang yang percaya kalau Friday the 13th adalah hari sial, maka biasanya mereka tidak akan melakukan beberapa hal di bawah ini pada tanggal tersebut:

1. Menyilangkan jari-jari

2. Memberkati orang yang bersin

3. Menyentuh pohon

4. Hindari berjalan di bawah tangga

5. Melempar uang penny

6. Potong kedua ujung roti

7. Jangan pernah berikan sarung tangan sebagai hadiah

8. Jauhkan sendok dari bagian bawah kulit telur setelah memakannya

9. Bawa ‘kaki kelinci keberuntungan’ kemana pun kamu pergi

10. Hindari menyalakan korek api sebanyak tiga kali dari satu alat korek api

11. Hindari melangkah di gari sjalan

12. Yakinkan pengantin untuk tidak mencoba gaun pengantin secara lengkap sebelum hari pernikahan

13. Minta suami menggendong kamu melewati ambang pintu rumah barumu

14. Hindari kucing hitam yang bersilangan dengan jalan kamu

15. Hindari makan keju sebelum tidur

16. Hindari berjalan di atas retakan

17. Hindari melihat pengantin dengan gaunnya sebelum hari pernikahannya

18. Hindari nomor 666

19. Hindari berjalan di atas saluran air

20. Hibdari nomor 13

21. Mematahkan tulang ayam dan membuat sebuah permintaan

22. Menyebar garam di bahu karena bisa menumpahkannya

23. Hindari membuka paying di dalam ruangan

24. Hindari meletakkan sepatu baru di meja

25. Hindari menyebutkan permintaan hari ulang tahun saat meniup lilin

26. Hindari melewati seseorang di tangga

27. Yakinkan kamu punya sesuatu yang tua, sesuatu yang baru, sesuatu yang dipinjamkan, dan sesuatu yang biru di hari yang tidak menyenangkan kamu atau hari pernikahan kamu.

Fakta Friday the 13th yang Perlu Kamu Ketahui

Fenomena Friday the 13th secara Psikologis 

"Jika tak ada yang repot-repot mengajarkan kita tentang takhayul negatif seperti Friday the 13th, hidup kita mungkin lebih baik," kata Stuart Vyse, dosen psikologi Connecticut College, New London, Amerika Serikat, dilansir dari Liputan6.com.

Rasa takut yang berlebihan itulah permasalahan utamanya.

Stuart Vyse menambahkan, orang-orang yang percaya takhayul Friday the 13th mungkin menderita triskaidekaphobia atau takut pada nomor 13. Atau fobia terhadap Jumat tanggal 13, yang disebut paraskavedekatriaphobia atau paraskevidekatriaphobia.

Merekalah yang 'bertanggung jawab' menurunkan ketakutan itu pada anak-anak mereka.

Fenomena Friday the 13th secara Numerologi 

Dalam kacamata numerologi, 13 adalah angka yang sangat kuat dan "angka pergolakan" -- yang jika digunakan untuk tujuan egois akan berujung malapetaka. Sebaliknya, membuka pintu mistis bagi peluang pembaharuan.

Thomas Fernsler, ilmuwan dari Mathematics and Science Education Resource Center, University of Delaware, Newark, mengatakan angka 13 'menderita' karena posisinya setelah angka 12.

Mengapa? Menurut Fernsler, para numerolog menganggap angka 12 sebagai angka yang 'lengkap': ada 12 bulan dalam setahun, 12 tanda zodiak, 12 murid Yesus, 12 dewa Olympus.

Namun, interpretasi soal angka 13 tidaklah universal. Di Spanyol dan Yunani, Selasa tanggal 13 dianggap hari keberuntungan. Sementara orang Italia menganggap 13 sebagai angka keberuntungan, sebaliknya Jumat tanggal 17 membawa nasib buruk.

What's On Fimela
Loading