Sukses

Lifestyle

11 Kebiasaan Sederhana Bikin Kita Terlihat Lebih Muda Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Setiap orang akan menua, namun prosesnya bisa dibuat perlahan dan tetap terlihat muda. Terutama bagi kita para perempuan, yang selalu dituntut terlihat menarik di setiap fase kehidupan, termasuk saat menua.

Tentunya setiap orang ingin mempertahankan vitalitas masa muda termasuk pada wajah dan tubuh seiring bertambahnya usia. Terlihat lebih muda dan awet muda bisa diwujudkan dengan merawat diri sendiri dari luar dan dalam. 

Berikut cara untuk membantu kita terlihat lebih muda dalam proses penuaan dari pada ahli di jalur yang benar seperti melansir rd.com;

1. Kurangi gula dan garam

Tubuh yang sehat dan awet muda membutuhkan nutrisi yang sehat juga. Pakar kebugaran dan nutrisi Erin Palinski-Wade, RD, CDE mengatakan jika menambahkan gula dan garam yang berlebihan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh yang memprecepat proses penuaan.

"Peradangan menghasilkan enzim yang memecah kolagen di kulit. Hasil akhirnya adalah percepatan kerutan dan kulit kendur yang membuat penampilan menua," ujarnya.

Studi menemukan orang dengan kadar gula darah tinggi dianggap lebih tua dari usianya. Yang lain menemukan orang dengan garam berlebih meningkatkan penuaan dan membuat kelebihan berat badan.

2. Memulas blush on dengan benar

Kita mungkin mencoba membuat tampilan tulang pipi terlihat tinggi. Nyatanya memulas blush on di bawah pipi hanya membuat kita terlihat semakin kurus. 

"Letakkan di bagian atas pipi dan gunakan kuas bedak besar yang halus untuk mengaplikasikannya dalam warna natural. Kuas kecil menyatu terlalu banyak," ujar makeup artist dan bintang What Not to Wear Carmindy.

 

3. Bersenang-senang dengan kuku

Dalam sebuah penelitian, cat kuku membuat tangan lebih muda saat peserta harus menebah usia berdasarkan tangannya. Carmindy juga tak memiliki aturan untuk bersenang-senang dengan cat kuku.

"Tidak ada aturan yang benar-benar berlaku karena kuku adalah aksesori baru," ujarnya.

4. Menjalani hubungan sehat

Melepaskan hubungan beracun dan memelihara hubungan yang sehat, baik untuk tubuh dan pikiran. Penelitian menunjukkan cinta melepas oksitosin atau hormon perasaan baik. 

Yang dapat menurunkan tekanan darah, aliran darah lebih baik, dan berakhir pada penampilan yang lebih bercahaya. "Hubungan positif memelihara energi positif dalam diri. Cinta dan penghargaan dari orang lain membuat kita bahagia, lebih santai, dan lebih menarik," kata psikiater Judith Orloff, MD.

5. Kurangi minum alkohol

Seperti halnya gula dan garam, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi alkohol karena efek negatif pada tubuh, bahkan pada tingkat sel. Menurut penelitian, alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan meningkatkan peradangan, di mana keduanya dapat mempercepat penuaan.

6. Kuat dengan protein

Massa otot tanpa lemak terdiri dari protein yang membantu diet kita membangun dan memelihara otot agar tetap bugar. Sebab kehilangan otot dapat menyebabkan hilangnya kekuatan dan keseimbangan serta memprecepat proses penuaan.

7. Merawat penuaan kulit

Flek penuaan adalah kulit yang benar-benar rusak karena sinar matahari. Kunci untuk menghilangkan age spots adalah pengelupasan kulit untuk menghilangkan area gelap.

8. Mulai latihan kekuatan

Semua jenis olahraga bermanfaat untuk mempertahankan tampilan awet muda, tetapi cobalah untuk menambahkan latihan kekuatan dalam rejimen kebugaran kita. Latihan keuatan secara teratur, meningkatkan metabolisme, kekuatan, dan keseimbangan. Selain itu peningkatan tonus otot membantu penampilan lebih muda.

 

9. Ikut kelas pilates

Pilates akan membantu kita berdiri tegak daripada membungkuk, serta memberi energi untuk bergerak. Pilates dapat membantu meningkatkan kekuatan inti dan memperbaiki postur tubuh yang membantu kita terlihat lebih muda.

10. Buat potongan rambut pixie tetap modern

Jika memilih gaya rambut pendek, jangan memotongnya terlalu pendek di bagian atas. Seringkali perempuan memotongnya terlalu pendek, padahal membiarkan bagian atas lebih panjang memberi profil lebih feminin dan awet muda.

 

11. Dapatkan kecantikan saat istirahat

Tidur nyenyak adalah hal yang dibutuhkan untuk meremajakan dan memperbaiki sel-sel tubuh menjadi cantik dalam semalam.

"Kurang tidur menyebabkan mata bengkak dan lingkaran hitam mata. Efek lainnya membuat kerutan lebih dalam dan lebih terlihat, sebab produksi kolagen meningkat saat tidur dan alirah darah meningkat sehingga kita terlihat lebih muda," ujar pakar tidur Richard Shane, PhD.

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading