Sukses

Food

4 Tipe Pizza yang Jarang Diketahui Orang, Apakah Salah Satunya Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Pizza adalah salah satu sajian makanan khas Itali. Roti berbentuk lingkaran, topping daging sapi, jamur, serta saus tomat ini digemari karena rasanya yang enak. Tak hanya itu, Pizza yang praktis cocok dijadikan teman saat berkumpul bersama keluarga atau teman.

Seiring dengan perkembangan zaman dan selera masyarakat, makanan khas Italia telah bertransformasi dengan berbagai modifikasi dan keunikannya. Ternyata, banyak sekali variasi pizza di luar sana yang tidak kalah menarik dengan berbagai rasa, bentuk, hingga cara penyajiannya.

Penasaran, kan Sahabat Fimela? Berikut 4 variasi pizza unik yang mungkin belum kamu ketahui dan jarang ditemukan.

Pizza Siciliana

Ketika membayangkan pizza, mungkin akan langsung terlintas dalam benakmu bentuk loyangnya yang bulat. Berbeda rupa dengan pizza pada umumnya, Pizza Siciliana atau yang juga biasa disebut Sfincione disajikan dalam bentuk persegi panjang dengan crust atau pinggiran yang tebal. Selain itu, teksturnya juga lebih kenyal jika dibandingkan dengan adonan pizza biasa.

Pizza Romana

Pizza Romana ditempatkan pada loyang berbentuk lingkaran ataupun persegi panjang seperti Pizza Siciliana. Keunikan pizza khas Kota Roma ini terletak pada tipisnya adonan roti sehingga menghasilkan tekstur luar dalam yang renyah layaknya biskuit. Dalam proses pembuatannya, adonan Pizza Romana telah melalui proses fermentasi selama dua hari untuk menghasilkan adonan yang lebih crispy ketika keluar dari oven. Saking tipisnya jenis pizza ini, seringkali orang merasa tidak kenyang ketika makan Pizza Romana sehingga hanya disajikan sebagai appetizer atau makanan pembuka.

Ā 

Chicago Pizza

Sesuai dengan namanya, pizza ini berasal dari luar benua Eropa tepatnya Kota Chicago di Amerika Serikat. Pizza Chicago juga dikenal dengan nama Deep Dish Pizza memiliki ciri khas topping yang diletakkan di dalam adonan crust yang tebal dan tinggi, kemudian diselimuti lapisan saus tomat berlimpah sehingga terlihat seperti kue pie.

Calzone Pizza

Berasal dari Naples, Italia, Pizza Calzone juga dikenal sebagai pizza lipat karena bentuknya yang setengah lingkaran. Keunikan Pizza Calzone terletak pada topping, seperti saus tomat, keju mozarella, daging olahan, dan sayuran yang dijadikan sebagai isian atau filling di dalam adonan roti. Sekilas, bentuk Pizza Calzone ini juga menyerupai jajanan khas Indonesia, yaitu kue pastel.

Jadi, mana yang menjadi favoritmu? Share di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading