Sukses

Lifestyle

Selain Membaca Al-Quran, Ini Amalan yang Sebaiknya Ditingkatkan Saat Nuzulul Quran

Fimela.com, Jakarta Nuzulul Quran merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam. Momen istimewa ini diperingati di setiap bulan Ramadan tepatnya di malam 17 Ramadan. Untuk Ramadan 2022, Nuzulul Quran akan jatuh pada hari ini yakni tanggal 18 April 2022. 

Biasanya, untuk memperingati malam Nuzulul Quran umat muslim akan memperbanyak amal ibadah membaca Al-Quran. Ini karena malam Nuzulul Quran diyakni sebagai peristiwa diturunkannya permulaan Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat muslim di seluruh dunia. 

"Bulan Ramadan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara hal dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah : 185)

Ibadah yang Bisa Dilakukan Selain Membaca Al-Quran di Malam Nuzulul Quran

Selain membaca dan memaknai ayat Al-Quran, malam Nuzulul Quran juga bisa diisi dengan berbagai ibadah lain. Ibadah lain tersebut antaranya adalah salat malam atau salah tahajud, berdizikir, memperbanyak i’tikaf atau berdiam diri di masjid dan bersedekah. 

Untuk mendapatkan pahala berlipat ganda, syafaat dari Rasulullah dan ampunan dari Allah SWT, di malam Nuzulul Quran umat muslim juga bisa mengisinya dengan bershalawat serta memperbanyak istighfar. 

Bagi Sahabat Fimela yang sedang berhalangan atau haid dan tidak bisa membaca Al-Quran atau pun melakukan ibadah lain seperti salat malam, kamu bisa tetap beribadah seperti halnya berdzikir atau mendengar murotal Al-Quran. Selama kita ikhlas beribadah karena Allah ta’ala, Allah menjanjikan pahala berlipat ganda, ampunan serta rahmahnya untuk kita. 

Yuk Sahabat Fimela, perbanyak ibadah terbaik karena Allah ta’ala. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Masalah Kesehatan yang Perlu Diwaspadai Setelah Hari Raya Idul Fitri
Artikel Selanjutnya
5 Makanan Sejenis Ketupat untuk Sajian Khas Lebaran di Indonesia