Sukses

Lifestyle

Instalasi Benang Simbol Koneksi yang Menggetarkan Jiwa Karya Chiharu Shiota di Museum MACAN

Fimela.com, Jakarta Seniman asal Jepang Chiharu Shiota sangat terkenal akan instalasi benang merah dan hitam. Karyanya yang melegenda itu kini bisa dinikmati oleh pecinta seni tanah air di Museum MACAN pada 26 November 2022 hingga 30 April 2023.

Bertajuk "The Soul Trembles". Chiharu Shiota membawa esensi koneksi dalam setiap aspek kehidupan yang terinspirasi dari pengalaman personal sang perupa. Ia mengeksplorasi gagasan soal identitas sosial dan budaya, seperti etnis, kewarganegaraan, agama, hingga tema-tema universal lainnya.

Meski identik dengan karya yang melibatkan benang, Chiharu Shiota juga mengeksplorasi media lain yang menggambarkan kesadaran manusia dan pengalaman yang bersifat nonfisik, seperti ingatan, pemikiran, ketakutan, mimi, dan keheningan. Kamu akan menemukan objek-objek metaforis dan sugestif, seperti tempat tidur, di mana sang perupa menghadirkan celah yang sempit antara mimpi dan realita kehidupan dan kematian; pakaian, yang bersifat dangkal dan hanya berfungsi untuk melapisi kulit; serta koper dan perahu yang menjadi simbol pergerakan dan ketidakpastian.

 

Eksplor beragam medium

“Ini adalah pameran tunggal pertama saya di Indonesia. Saya ingin terhubung dengan orang-orang di Jakarta dan membawa mereka merasakan sesuatu yangberbeda dari kehidupan sehari-hari. Saya rasa seni adalah bagian penting dari hidup kita, dan saya akan merasa tersanjung jika anda dapat melihat karya-karya saya selama 30 tahun ini dan merasakan jiwa anda tergetar," kata Chiharu Shiota.

Ratusan karya seni Chiharu Shiota dari hampir 30 tahun perjalanan kariernya mengambil alih seluruh ruang di Museum MACAN. Menggabungkan instalasi berskala besar, patung, video performans, fotografi dan desain panggung. Chiharu Shiota: The Soul Trembles diselenggarakan oleh Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara (Museum MACAN) dan Mori Art Museum, Tokyo. Dikurasi oleh Mami Kataoka, Direktur Mori Art Museum, Tokyo, dengan dukungan produksi oleh Alcantra S.p.A.

 

Area khusus untuk bermain

Selama pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles, museum akan menghadirkan area khusus bagi pengunjung untuk berefleksi, bermain, dan mengambil bagian di dalam sebuah ruangan yang di dalamnya akan dipajang beragam benda serta kisah di baliknya. Berjudul Mini Museum of Memories, area ini merespons salah satu karya sang perupa, Connecting Small Memories (2019), dan akan menempati Ruang Seni Anak.

Loading