Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengatasi Kencanduan Belanja Online, Cobalah Lebih Disiplin pada Anggaran!

Fimela.com, Jakarta Teknologi yang semakin berkembang, mempermudah kita melakukan apa pun baik bertukar informasi bahkan berbelanja kebutuhan sekali pun. Hampir semua barang yang kita butuhkan tersedia di toko online. Beberapa orang mungkin tidak terbiasa dengan belanja online, tetapi beberapa lainnya lebih suka dan bahkan mengalami kecanduan berbelanja.

Orang yang kecanduan belanja sering disebut sebaga shopaholic. Tanda-tanda orang yang mengalami kecanduan belanja ini berbeda-beda pada tiap individu.  Tentu ini menjadi masalah serius ketika kamu mengalami kecanduan kerja. Ini akan memengaruhi kondisi keuanganmu, apalagi bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan. Bagaimana cara mengatasinya?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk mengatasi kecanduan berbelanja. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Berhenti Berlangganan atau Mengikuti

Salah satu cara terbaik untuk menjaga diri dari pengeluaran berlebihan adalah dengan menghindari situasi yang menggodamu untuk membelanjakan uang. Banyak dari kita, menghabiskan berjam-jam sehari di perangkat digital dan oleh karena itu berlangganan banyak toko yang menawarkan penawaran dan diskon kepada kita yang membuatmu tertarik untuk membelinya. Jadi, jika kelemahanmu adalah belanja online, langkah pertama adalah mulai berhenti berlangganan.

Dengan berhenti berlangganan dari semua toko online, kamu akan terhindar dari keinginan untuk berbelanja berlebihan dan godaan akan diskon dan penawaran menarik lainnya.

2. Tetapkan Tujuan

Kamu dapat menetapkan tujuan sendiri tentang berapa banyak anggaran yang dapat kamu gunakan untuk berbelanja. Dengan menetapkan tujuan kamu dapat menghemat uang dengan lebih mudah dan ada alasan untuk lebih banyak menabung.

3. Memeriksa Kondisi Keuangan

Apakah kamu menyadari berapa banyak uang yang telah kamu belanjakan? Kebanyakan orang tidak memeriksa kondisi keuangan atau melacak pengaluaran mereka. Sebagai ide, cobalah untuk melacak setiap pengeluaranmu. Pertimbangkan untuk menabung untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

4. Gunakan Uang Tunai Bukan Menggunakan Kartu Kredit

Berbelanja menggunakan kartu kredit hanya akan membuat tambah bebanmu. Dimana kamu harus membayar uang untuk kredit tersebut. Hanya menggunakan uang tunai dan membelanjakan uang tunai, adalah cara yang bagus untuk selalu mengingatkan diri sendiri bahwa kamu membelanjakan uang sungguhan. Selain itu, kamu juga dapat menarik jumlah tertentu setiap minggu dan hanya membelanjakan jumlah tersebut untuk memastikan kamu mengetahui berapa banyak uang yang kamu belanjakan.

Nah, untuk menghindari kondisi keuangan yang buruk, cobalah untuk lebih patuh pada anggaran yang telah kamu buat. Pastikan untuk memiliki dana darurat dan tabungan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading