Sukses

Lifestyle

Doa untuk Mengatasi Kesulitan, Bantu Ringankan Beban Hidup yang Berat

Fimela.com, Jakarta Setiap kesulitan dalam hidup, pasti ada jalan untuk meringankannya. Dan sebaik-baiknya cara untuk meringankan segala kesulitan yang ada, yakni dengan membaca doa kepada Sang Pencipta. 

Mengenai hidup, ada kala di mana seseorang di atas puncak kesuksesan dan nyaris tak mengalami kesulitan apapun. Namun, ada kala pula ia seperti dihempaskan dari atas langit ke bumi dengan adanya  berbagai kesulitan dan kemalangan. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Supaya Dijauhkan Dari Masalah, Beserta Artinya

Dalam agama Islam, ketika kita dihadapkan dalam sebuah kesulitan, dianjurkan untuk semakin tawakkal dan beriman ke Allah SWT. Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa agar diringankan segala kesulitan yang ada. Lantas, doa apa yang sebaiknya dibaca saat ditimpa kesulitan serta kemalangan?

Doa Agar Diringankan Segala Kesulitan

Saat menghadapi beratnya hidup, umat muslim dianjurkan untuk lebih bersabar dan tawakkal hanya kepada Allah SWT. ia juga dianjurkan untuk membaca doa seperti yang terkandung dalam surat Al-Baqarah ayat 286 berikut ini. 

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Doa Dimudahkan Segala Urusan

Saat ditimpa kesulitan, dianjurkan pula untuk membaca doa agar dimudahkan segala urusan. Adapun doa tersebut seperti yang terkandung di dalam surat Al-Kahfi ayat 10 berikut ini:

اِذْ اَوَى الْفِتْيَةُ اِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوْا رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Iż awal-fityatu ilal-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladunka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā.

Artinya: “(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: ‘Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini’,”

Doa Diberi Kemudahan Atas Beban Berat yang Dipikul

Baca pula doa seperti yang terkandung dalam surat Al-Anbiya ayat 87 ketika ditimpa suatu masalah, atau mengalami beban berat dalam hidup. Berikut doanya:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim”. 

Itulah sekian doa yang dianjurkan dibaca dan diperbanyak saat mengalami kesulitan. Doa ini juga boleh dibaca setiap hari, agar Allah senantiasa memberi kemudahan dan kelancaran atas segala urusan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading