Sukses

Entertainment

Eddie Redmayne Aktor Terbaik Oscar 2015

Fimela.com, Jakarta Aktor pemeran Stephen Hawking di film The Theory of Everything, Eddie Redmayne meraih penghargaan Oscar 2015 sebagai Best Actor atau Aktor Terbaik. Seperti halnya J.K. Simmons dan Patricia Arquette, ini adalah Oscar pertama bagi aktor kelahiran Inggris, 33 tahun lalu itu. Eddie Redmayne mendedikasikan penghargaan tersebut untuk para pengidap penyakit langka Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

“Saya ingin mempersembahkan piala ini, pria kurus yang luar biasa ini, untuk mereka yang hidup dengan ALS di seluruh dunia,” ujar Eddie Redmayne dalam pidato kemenangannya. Dalam sambutannya yang emosional, Redmayne mengungkit pengalamannya dengan para pengidap ALS. Saat menyiapkan peran sebagai fisikawan kondang Stephen Hawking, ia menemui sejumlah pengidap ALS dan keluarganya. Ia mengaku sangat tersentuh oleh semangat dan keberanian mereka.

Film The Theory of Everything diangkat dari kisah nyata fisikawan kondang Stephen Hawking yang juga mengidap ALS sejak berusia 21 tahun. Penyakit yang juga dikenal dengan nama Lou Gehrig's Disease ini menyerang saraf-saraf motorik sehingga membuat pengidapnya lumpuh total. Hawking sempat meraih gelar Bachelor dari Oxford University pada 1962 dengan predikat terbaik.

Walaupun lumpuh dan harus duduk di kursi roda, Hawking mampu menjadi ilmuwan handal dan sangat disegani terutama di bidang fisika. ALS tergolong penyakit langka, diperkirakan menyerang 1 hingga 4 di antara 1.000 orang. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki dibanding perempuan, dan sampai kini belum diketahui pasti apa penyebabnya. Jadi rasanya wajar saja kalau Eddie Redmayne sangat menghargai para penderita ALS.

Aktor bernama lengkap Edward John David Redmayne ini juga dikenal sebagai pemusik dan model. Seperti halnya Julianne Moore, kemenangan Eddie Redmaynedi ajang Oscar 2015 sudah banyak diprediksi sebelumnya terutama setelah meraih banyak penghargaan, termasuk Golden Globe, Screen Actors Guild (SAG) dan BAFTA Awards.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading