Sukses

Entertainment

20 Fakta Unik & Menarik Seputar Oscar

Fimela.com, Jakarta Perhelatan Oscar 2015 sudah berlangsung di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Perhelatan akbar yang berlangsung Senin (23/2) pagi waktu Indonesia itu melibatkan bintang-bintang dan pekerja film kelas dunia. Birdman dan The Grand Budapest Hotel menjadi peraih piala terbanyak, masing-masing meraih empat piala.

Selain acaranya yang menarik dan banyak ditunggu para pecinta film di seluruh dunia, ada banyak fakta unik dan menarik tentang pelaksanaan Oscar atau Academy Award yang sudah memasuki tahun ke-87.

Apa saja? Ini dia beberapa fakta unik dan menarik seputar Oscar yang dirangkum dari berbagai sumber.

1

1. Patung emas ini mendapat julukan populer “Oscar” saat seorang pustakawan Academy, Margaret Herrick, mengatakan bahwa patung ini mirip pamannya yang bernama Oscar. Sebelum itu, orang-orang biasa memanggil patung ini dengan sebutan “the golden trophy” dan ”the iron man”.

2. Berat patung Oscar sekitar tiga kilogram dengan panjang 34 centimeter. Ukuran ini sama dengan besar zucchini, sejenis sayuran di Itali, serupa terung besar.

3. Setiap patung Oscar terbuat dari tembaga, nikel, dan perak. Setelah itu, dilapisi emas 24 karat. Oscar yang diberikan sepanjang Perang Dunia II terbuat dari plester logam untuk pasokan jangka pendek.

4. Sepanjang perayaan Oscar, acara ini pernah tiga kali dibatalkan, yaitu ketika banjir di Los Angeles pada 1938, setelah pembunuhan Marthin Luther King pada 1968, dan setelah usaha percobaan pembunuhan Presiden AS, Ronald Reagan pada 1981.

5.. Karpet merah yang menjadi tempat selebritas berjalan menuju gedung perayaan Oscar memiliki panjang 152 meter dan lebar 10 meter. Ukuran ini memungkinkan untuk diisi sekitar 100 fotografer, 200 perwakilan media, termasuk operator, sound engineers, dan profesional lain.

2

6. Aktris termuda yang menerimanya Oscar adalah Shirley Temple pada 1934. Dia menerimanya saat masih berusia 5 tahun. Tapi ketika itu Shirley menerimanya hanya sebagai penghormatan, sehingga Tatum O’Neal yang dianggap sebagi aktris termuda yang memenangkan Oscar dengan kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk film “Paper Moon” pada 1974. Saat itu dirinya baru berusia 10 tahun. Sedangkan aktor tertua yang menerima penghargaan Oscar adalah Christoper Plummer. Ia berusia 82 tahun ketika menerima penghargaan tersebut pada 2012.

7. Ada satu film semi pornografi yang pernah memenangkan piala Oscar, yaitu “Midnight Cowboy”, yang memenangkan Best Picture pada 1969. Film ini disutradarai John Schlesinger, dibintangi Dustin Hoffman dan Jon Voight.

8. Charlie Chaplin ternyata hanya pernah memenangkan satu piala Oscar kompetitif selama hidupnya, dalam kategori Best Original Score untuk film “Limelight”. Dia juga mendapatkan dua piala Honorary Awards.

9. Marlon Brando menolak datang ke acara Academy Awards sebagai Aktor Terbaik karena adanya perlakuan buruk terhadap orang Indian di industri perfilman. Dia kemudian mengutus seorang gadis Indian bernama Sacheen Littlefeather untuk mewakili dirinya di acara bergengsi tersebut.

10. Lawrence of Arabia merupakan satu-satunya film yang memenangkan penghargaan Film Terbaik yang tidak memiliki suara wanita di dalamnya. Satu-satunya pemeran wanita dalam film ini adalah Gladys, dan dia seekor unta! Sedangkan The Artist menjadi film bisu kedua dalam sejarah Academy Awards yang menerima penghargaan Film Terbaik pada 2012. Yang pertama adalah Wings karya Howard Hughes (1929).

3

11. Bhanu Athaiya menjadi orang India pertama yang memenangkan piala Oscar ketika dirinya meraih penghargaan untuk Desain Kostum lewat film “Gandhi”. Film garapan Richard Attenborough itu menyabet 7 piala Oscar, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

12. Tahun 1998, Roberto Benigni menjadi orang pertama yang memenangkan penghargaan Aktor Terbaik untuk perannya di sebuah film bukan bahasa Inggris “Life Is Beautiful”.

13. Hanya ada dua aktor yang pernah memenangkan piala Oscar setelah meninggal. Keduanya berkewarganegaraan Australia, yaitu, Peter Finch menang Academy Awards sebagai Aktor Terbaik tahun 1977 untuk perannya di film “Network”, dan Heath Ledger meraih penghargaan Aktor Pembantu Terbaik lewat perannya di film “The Dark Knight”.

14. Film yang paling banyak menyabet piala Oscar adalah The Lord of the Rings: The Return of the King—11 piala dari 12 nominasi, Titanic – 11 piala dari 14 nominasi, dan Ben Hur – 11 piala dari 13 nominasi.

15. Walt Disney tercatat menerima penghargaan ini sebanyak 26 kali dari 64 patung penghargaan di mana Walt Disney menjadi nominatornya.

4

16. Dalam sejarah, penghargaan ini mencatat hanya tiga film yang menerima satu set lengkap penghargaan Oscar kategori film terbaik, yakni, best actor, best actress, best director, dan best screenplay. Film-film tersebut adalah It Happened One Night (1934), One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975), dan The Silence of the Lambs (1991).

17. Jack Nicholson menjadi aktor yang paling banyak masuk nominasi. Ia dinominasikan 12 kali dan tiga kali menjadi pemenang. Marlon Brando dan Robert De Niro menjadi dua aktor yang menerima dua Oscar. De Niro menjadi aktor pertama yang menerima Oscar untuk perannya dalam film yang tidak berbahasa Inggris.

18. Meryl Streep memegang rekor penerima nominasi terbanyak, yakni 19 kali dengan kemenangan tiga kali. Katharine Hepburn menerima 12 nominasi, dan ia memenangkannya sebanyak empat kali. Ingrid Bergman masuk dalam tujuh nominasi dan memenangkan tiga di antaranya.

19. Kathryn Bigelow menjadi perempuan pertama dalam sejarah Oscar yang menerima penghargaan sebagai sutradara terbaik untuk filmnya The Hurt Locker. Ia juga mejadi perempuan keempat yang masuk nominasi dalam ajang penghargaan di bidang penyutradaraan ini. Mantan suaminya, James Cameron, juga memenangkan penghargaan sutradara terbaik dalam film Titanic.

20. Air mata bahagia Gwyneth Paltrow saat memenangkan Oscar 1999 ditengarai bisa menyirami 657 tanaman. Ia memegang rekor terpanjang dalam pidato terima kasihnya. Ia menyampaikan rasa terima kasih terhadap 23 orang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading