Sukses

Entertainment

Ida, Film Bahasa Asing Terbaik Oscar 2015

Fimela.com, Los Angeles Ida menjadi film Polandia pertama yang memenangkan Academy Awards atau Oscar. Di ajang Oscar 2015, Ida mengalahkan Leviathan (Rusia), Tangerines (Estonia), Timbuktu (Mauritania) dan Wild Tales (Argentina).

Ida merupakan film Polandia yang ke-10 masuk nominasi Oscar sejak 1963. Film karya Pawel Pawlikowski ini berwujud film hitam-putih. Ia menuju podium Oscar menerima hadiah.

Jalan yang harus dilalui Ida sangat panjang untuk sampai ke panggung Oscar. Film tersebut sebetulnya sudah edar sejak 2013. Sayang, film ini tak cukup waktu untuk masuk nominasi Oscar tahun lalu.

Tapi sepanjang 2014 kemarin, filmnya meraih banyak piala termasuk Oscar-nya Polandia, European Film Award, BAFTA serta Independent Spirit Award. Saat memenangkan piala Indie Spirit yang digelar sebelum Oscar kemarin, Pawel berkata, "Terima kasih kepada para pesaing saya karena telah mengalah kali ini."

Di ajang Oscar 2015 Oscar yang diselenggarakan secara langsung di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, Senin (23/2/2015), waktu sini, Pawel tertawa lebar di tengah kemenangannya. "Bagaimana bisa saya berada di sini? Hidup ini penuh kejutan. Kami membuat film tentang perenungan dan penuh kesunyian.Tapi kini kami berada di pusat kebisingan dan pusat perhatian dunia."

Ida bersetting tahun 1962 yang berkisah tentang seorang calon biarawati yang mendapati dirinya lahir dari keluarga Yahudi. Bersama bibinya, Wanda, sang calon biarawati itu lalu memulai perjalanan mencari tahu kisah kelam keluarganya. (Ade)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading