Sukses

Entertainment

Rae Sita Supit Dikenal Lewat Film 'Cintaku di Kampus Biru'

Fimela.com, Jakarta Dunia hiburan Indonesia kembali kehilangan salah seorang insannya, Rae Sita Supit, Rabu (20/5/2015). Mendiang Rae Sita cukup dikenal sebagai seorang aktris di tahun 1970-an sampai pertengahan 1980-an.

Film yang membuat namanya dikenal luas adalah Cintaku di Kampus Biru (1976) atau Kampus Biru yang dibintanginya bersama Roy Marten dan Yatie Octavia. Rae Sita berperan sebagai Yusnita, seorang dosen yang didekati oleh salah seorang mahasiswanya, Anton (Roy Marten).

Rae Sita Supit (foto: abbaskup.perfilman.pnri.go.id)

Film yang diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Ashadi Siregar tersebut termasuk sukses dan melambungkan nama para pemainnya. Menurut data Perfini, Cintaku di Kampus Biru adalah film ketiga terlaris di Jakarta pada 1976. Setelah bermain di Cintaku di Kampus Biru, Rae Sita laris mendapat tawaran bermain film.

Baca Juga: Anwar Fuadi: Rae Sita Supit Meninggal Akibat Kanker Rahim

Tahun 1977-1978 adalah puncak popularitasnya. Dalam kurun waktu dua tahun itu, Rae Sita bermain di 13 film meski tidak semuanya sebagai pemeran utama. Seperti dilansir dari Wikipedia, Rae sudah bermain di 28 film layar lebar. Film pertamanya adalah Gaun Pengantin (1974) dan terakhir Pondok Cinta (1985).

 Rae Sita Supit

Selain sebagai aktris, wanita blasteran Skotlandia-Indonesia ini juga berkarir di bidang PR (Public Relations). Karena lebih memilih fokus sebagai PR, Rae Sita pensiun dari dunia film pada 1985. Meski begitu kecintaan ibu dari tiga anak ini terhadap dunia film tak pernah surut. 

Beberapa tahun terakhir ini ia sempat aktif sebagai anggota Tim Pokja Film Kompetitif dan anggota pengajar BP SDM Citra di Yayasan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI). Sampai akhir hayatnya, Rae Sita Supit masih terdaftar sebagai salah seorang anggota Lembaga Sensor Film (LSF) yang diketuai Anwar Fuady. Selamat jalan ibu Rae Sita Supit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading