Sukses

Entertainment

Pasangan-pasangan LGBT di Film Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kaum LGBT (Lesbi, Gay, Biseksual dan Transgender) masih jadi minoritas di beberapa negara, termasuk Indonesia. Namun, Indonesia sudah berani mengangkat tema LGBT ke layar lebar. Mau tahu siapa saja artis-artis dengan peran LGBT? Berikut Bintang.com bakal merengkumnya untuk Anda.

1. Arisan!

Aktor Surya Saputra dan Tora Sudiro menjadi pasangan LGBT di film Arisan!. Akting keduanya menjadi gay memang telah menghipnotis banyak orang. Bahkan, kedua aktor ini berhasil menyabet penghargaan Festival Film Indonesia 2004 sebagai pemeran pria terbaik (Tora Sudiro) dan Pemera Pendukung Pria Terbaik (Surya Saputra). Di sekuel keduanya, film ini menambah pasangan LGBT dari para pemainnya. Sarah Sechan dan Atiqah Hasiholan diharuskan melakoni peran sebagai lesbi.

Arisan!. (foto: indonesianfilmcenter)

2. Lovely Man

Donny Damara berhasil memerankan sosok transgender bernama Ipuy di film Lovely Man (2011). Film yang sempat dikecam kehadirannya itu hanya tayang di Q! Film Festival 2011 selama beberapa hari saja. Namun, film arahan Teddy Soeriaatmadja itu telah berhasil membawa Donny Damara menjadi aktor terbaik di ajang Festival Film Asia ke-6. 

Poster film Lovely Man. Foto: via coretanfilm.wordpress.com

3. Berbagai Suami

Kisah poligami menjadi biang keladi LGBT di film Berbagi Suami (2006). Rieke Diah Pitaloka dan Shanty harus berperan sebagai lesbi di film garapan Nia Dinata itu. Berkat aktingnya sebagai pasangan lesbi, kedua aktris ini masuk nominasi di ajang Piala Citra 2006 sebagai pemeran utama wanita terbaik (Shanty) dan pemeran pembantu wanita terbaik (Rieke). 

Adegan dalam film Berbagi Suami. Foto: via adithiarangga.wordpress.com

4. Dulu Banci

Ferry Maryadi berhasil membawa karakter transgender di film 'Dulu Banci' hidup. Film pendek yang disutradarai oleh Gading Marten ini mengisahkan tentang seorang pria yang stress ditinggal kekasihnya. Ia kemudian memutuskan untuk menjadi transgender. 

Adegan dalam film Dulu Banci. Foto: via

5. Coklat Stroberi

Film Coklat Stroberi (2007) juga mengangkat kisah LGBT. Marrio Merdhitia dan Nino Fernandez dipilih oleh Ardi Octaviand untuk melakoni peran sebagai penyuka sesama jenis. Akting keduanya di film bergenre drama ini memang merupakan terobosan baru. Apalagi Nino dan Marrio termasuk aktor pendatang baru pada saat itu.

Poster film Coklat Stroberi. Foto: via reddateaddict.wordpress.com

6. Sanubari Jakarta

Film Sanubari jakarta (2012) merupakan hasil karya dari sembilan sutradara yang dipelopori oleh Lola Amaria. Gabungan film-film pendek didalamnya mengangkat kisah LGBT. Para sineas yang berperan sebagai LGBT di film ini seperti Permatasari Harahap-Illfie, Hafez Ali-Gia Partawinata, Dimas Hary(transgender), Reuben Elishama-Miea Kusuma, Arswendi Nasution (transgender), Rangga Djoned-Albert Halim dan Ruth Pakpahan-Dinda Kanyadewi.

Adegan dalam film Sanubari Jakarta. Foto: via oldeuboi.wordpress.com

Nah, itu enam film Indonesia yang bertemakan LGBT. Sudah sepantasnya kita mengapresiasi kemampuan akting dari para aktor maupun aktris yang berperan sebagai LGBT tersebut. Semoga menambah pengetahuanmu ya tentang perfilman tanah air. Jangan lupa cintai film Indonesia!

Baca Juga: 'Arisan!' Film LGBT Indonesia Peraih Banyak Penghargaan

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading