Sukses

Entertainment

Cakra Khan Tanggapi Soal Dampak Kabut Asap

Fimela.com, Jakarta Kabut asap yang melanda kawasan Sumatera dan Kalimantan semakin meluas. Dampak dari pembakaran hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab ini tidak hanya dirasakan warga sekitar, namun juga dirasakan hingga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dampak kabut asap ini pun mendapat perhatian khusus tidak hanya dari pemerintah, tapi juga dari masyarakat hingga sejumlah publik figur tanah air. Salah satu di antaranya yang menanggapi adalah penyanyi yang memiliki suara khas, Cakra Khan yang menilai kabut asap yang terjadi hingga kini semakin memprihatinkan.

"Gua pribadi prihatin juga yah, seharusnya pemerintah lebih cepat menangani ini. Soalnya kan efeknya cepat banget, kondisinya kritis," ujar Cakra Khan ditemui Bintang.com di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015).

Lebih lanjut, penyanyi yang melejit dengan lagu Harus Terpisah ini berharap jika oknum-oknum yang dengan secara sengaja melakukan pembakaran hutan, pembalakan lahan baik di Kalimantan maupun Sumatera bisa segera ditangkap.

Baca juga: Demi Jakarta Lebih Baik, Cakra Khan Siap Naik Transportasi Umum

Foto Rossa, Ruth Sahanaya, Syahrini, Cakra khan (Deki Prayoga/bintang.com)

"Ini udah pasti ada oknumnya, jadi saya kira orang-orang seperti ini (tidak bertanggung jawab) yang sengaja menggunduli hutan harus benar-benar ditangkap. Ini kan sudah merugikan masyarakat dan sudah sampai ke negeri tetangga pula kan kabut asapnya," tambah pria pemilik nama lengkap Cakra Konta Paryaman ini.

Sebagai warga negara Indonesia, Cakra Khan menilai seharusnya pemerintah sudah mengantisipasi masalah pembakaran hutan. Pasalnya, kasus pembakaran hutan kerap terjadi hampir setiap tahunnya, dan belum ada solusi dari masalah yang sangat merugikan banyak pihak yang terkena dampak polusi kabut asap.

"Bukannya ingin menyalahkan, kan sudah berkali-kali kejadian seperti ini. Pemerintah harus punya antisipasi jauh sebelum hal ini terjadi," lanjut Cakra Khan yang terlihat geram dengan permasalah kabut asap yang terjadi.

Baginya, memang bukan saatnya mencari kambing hitam dari pembakaran hutan. Masyarakat pun sudah pasti tahu pembakaran hutan terjadi karena unsur kesengajaan dari pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan.

Cakra Khan (Galih W. Satria/Bintang.com)

"Balik lagi ke andil pemerintah mengantisipasi hal seperti ini. Hutan yang dibakar kan nggak sedikit. Tangkap oknumnya, cari solusinya," terang pria kelahiran 27 Februari 1992 silam ini.

Polusi kabut asap yang semakin melebar ke daerah-daerah terdekat dan sekitarnya pun diakui Cakra sempat mengganggu penerbangannya. Ia sempat memiliki jadwal manggung di daerah yang terkena dampak kabut asap tersebut. Untuk alasan keamanan dan kesehatan, Cakra terpaksa membatalkan kegiatannya.

Baca juga: Semasa Kecil Cakra Khan Suka Main di Sawah

"Beberapa waktu lalu sempat membatalkan acara di sana. Ada jadwal manggung, tapi karena kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan penerbangan ke daerah yang terkena dampak kabut asap, otomatis aku minta reschedule jadwal lagi sampai waktu memungkinkan. Ini bukan hanya saya saja, pasti banyak masyarakat yang merasakan juga yang gagal melakukan penerbangan ke sana," pungkas Cakra Khan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading