Sukses

Entertainment

Penulis Rusia Tuding Film The Martian Plagiat

Fimela.com, Jakarta Isu tak sedap menerpa film The Martian. Film yang dibintangi oleh Matt Damon ini dituding telah melakukan plagiat. Seorang penulis asal Rusia, Mikhail Raskhodnikov mengklaim skrip film The Martian serupa dengan miliknya.

Seperti dilansir The Hollywood Reporter, kuasa hukum dari Raskhodnikov, Shota Gorgadze, mengungkapkan bahwa kliennya telah terlebih dahulu menulis skrip dengan judul Marsianin (The Martian) pada 2008 silam. Saat itu, Raskhodnikov memang memberikan skrip tersebut ke beberapa rumah produksi lokal dan dan internasional.

Poster film The Martian. Foto: via empireonline.com

Lalu, bagaimana bisa skrip tersebut sampai ke tangan Fox? Raskhodnikov memiliki jawabannya sendiri. Menurutnya, skrip The Martian yang sebelumnya ia berikan kepada salah satu perusahaan Rusia hingga akhirnya digunakan dalam film besutan Ridley Scott.

Baca Juga: Melejit Seperti Roket, The Martian Geser Hotel Transylvania 2

Tudigan plagiat yang dilayangkan Raskhodnikov pun akhirnya berujung pada tuntutan royalti. Raskhodnikov dan kuasa hukumnya meminta Fox untuk membayar royalti sebesar 761,7 juta USD (sekitar Rp 11 triliun). Gugatan ini akan dipertimbangkan pada pertengahan Oktober mendatang.

The Martian. Foto: EW

Rupanya, Gorgadze juga melibatkan Kementrian Kebudayaan Rusia untuk kasus kliennya. "Vladimir Medinsky (Menteri Rusia) memiliki hak hukum untuk memulai penangguhan terhadap waktu rilis film The Martian. Setidaknya sampai sengketa diselesaikan," ungkapnya.

Namun sayang, baik pihak Kementerian Kebudayaan maupun Fox belum memberikan komentarnya untuk kasus plagiat ini. Film The Martian sendiri baru akan rilis di Rusia pada 8 Oktober 2015 mendatang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading