Sukses

Entertainment

Film 90-an: Dari Kuch Kuch Hota Hai, Shahrukh Khan Mulai Mendunia

Fimela.com, Jakarta Salah seorang superstar Bollywood yang dikenal di banyak negara adalah Shahrukh Khan alias SRK. Aktor berusia 50 tahun ini sudah bermain lebih dari 80 film dan membangun karirnya dari era 90-an.

Pria kelahiran New Delhi, India, ini tak hanya dikenal di negaranya tapi juga di banyak negara lainnya, termasuk Indonesia. Beberapa film terakhirnya bahkan mampu menembus 10 besar box office Amerika Serikat. SRK termasuk dalam jajaran artis Bollywood yang mampu menembus Hollywood.

Kuch Kuch Hota Hai. foto: fanpop.com 

Aura seorang bintang sudah terlihat sejak Shahrukh Khan pertama kali bermain film, yaitu Deewana pada 1992. Sebagian besar film-film yang dibintanginya selalu meraih sukses. Periode 90-an memang menjadi awal bersinarnya karir SRK sampai bisa dikenal luas seperti sekarang ini. Salah satu film yang sangat penting dalam karir Shahrukh Khan adalah Baazigar di tahun 1993.

Di film ini ia pertama kalinya menjadi pemeran utama dan bermain sebagai tokoh antagonis. Di Baazigar juga untuk pertama kalinya Shahrukh Khan bermain bersama Kajol. Hasilnya, Baazigar termasuk sukses dan melambungkan nama SRK dan Kajol yang di kemudian hari menjadi pasangan legendaris di perfilman Bollywood.

Film-film lainnya yang pernah mereka bintangi bersama adalah Baazigar, Dilwale Dulhaniya Le Jayenge, Karan Arjun, Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Khushi Kabhie Gham dan Dilwale yang baru saja dirilis di akhir tahun 2015. Dilwale Dulhaniya Le Jayenge (DDLJ) yang dirilis pada 1995 disebut-sebut menampilkan akting dan chemistry terbaik dari Shahrukh Khan dan Kajol.

Shahrukh Khan 

Film garapan Aditya Chopra itu termasuk fenomenal. Diantaranya menjadi film yang diputar selama 20 tahun berturut-turut di bioskop Maratha Mandir di Mumnbai dan menjadi salah satu dari tiga film India yang terpilih dalam buku referensi ‘1001 Movies You Must See Before You Die’ yang disusun sejumlah kritikus film terkemuka dunia.

Sedangkan Karan Arjun juga termasuk bersejarah, karena di film itu Shahrukh Khan bermain bersama Salman Khan. Setelah keduanya menjadi superstar, mereka tak pernah lagi tampil dalam satu film. Salman hanya sempat tampil singkat di film Kuch Kuch Hota Hai (1998) yang juga salah satu film legendaris SRK.

Film yang disutradarai Karan Johar itu menjadi terobosan baru di Bollywood dan membuat nama Shahrukh Khan mendunia. Bisa dibilang, film Kuch Kuch Hota Hai sangat ikonik karena begitu identik dengan SRK dan tentunya menjadikan SRK dan Kajol sebagai pasangan legendaris di perfilman India.

Shahrukh Khan-Kajol. (Bintang/EPA) 

Di luar India, Kuch Kuch Hota Hai sempat menjadi film Bollywood terlaris sepanjang masa. Rekor itu baru dipecahkan pada 2001 oleh film Kabhi Khushi Kabhie Gham...(2001), yang juga disutradarai Karan dan dibintangi Shahrukh Khan! Tentu bukan hal mudah untuk bisa mempertahankan eksistensi dan status superstar selama puluhan tahun.

Hanya mereka yang punya bakat istimewa, pesona, dedikasi, keberuntungan dan mau bekerja keras seperti seorang Shahrukh Khan yang bisa melakukannya. Sejak era 90-an sampai saat ini, SRK tetap eksis di garda terdepan perfilman Bollywood.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading