Sukses

Entertainment

Film 90-an: Cinta Terlarang Siluman Ular Putih yang Melegenda

Fimela.com, Jakarta Masih ingatkah Anda dengan adegan dramatis sepasang suami-istri yang tarik-menarik di atas jembatan? “Suamiku…! Istriku…!” Demikianlah mereka berseru dengan penuh pilu.

Ya, itu adalah adegan perpisahan antara Pai Su Cen (Bai Su Zhen) dan Xu Xian (Shi Han Wen). Pasangan suami-istri itu dipaksa berpisah oleh seorang biksu yang tidak menyetujui hubungan keduanya. Bagaimana tidak, biksu itu tahu bahwa sang istri (Pai Su Cen) tak lain adalah siluman ular putih yang sedang menjelma menjadi manusia.

Legenda Ular Putih merupakan sebuah serial yang cukup legendaris di era 90-an. Tepatnya di tahun 1993, serial Mandarin yang memiliki judul asli New Legend of Madam White Snake ini ditayangkan di SCTV.

 Legenda Ular Putih. Foto: Youtube

Menariknya, karakter Xu Xian, suami Pai Su Cen, ternyata diperankan oleh seorang aktris alias perempuan. Cukup geli memang, membayangkan dua orang perempuan saling bermesraan. Apalagi wajah Cecilia Yip, pemeran Xu Xian, disebut-sebut mirip dengan wajah Dewi Yull.

Usut punya usut, Cecilia ternyata memang merupakan salah satu aktris terbaik Hongkong, sangat menyukai peran menantang yang membuatnya penasaran untuk memerankannya. Kendati menghadapi pro dan kontra, nyatanya Cecilia Yip berhasil dikenal banyak orang berkat peran Xu Xian-nya. Sepanjang kariernya, Cecilia sudah dua kali meraih gelar aktris terbaik dan sekali aktris pendukung terbaik dalam ajang bergengsi Hongkong Film Festival.

Wajah pemeran Xu Xian disebut-sebut mirip Dewi Yull. Foto: Youtube

Kisah cinta terlarang antara Xu Xian dan Pai Su Cen sendiri merupakan sebuah legenda yang legenda kuno di daratan China yang hidup dalam berbagai versi dan cerita turun temurun dari dulu sampai sekarang. Legenda ini sering diangkat untuk cerita opera, serial televisi, maupun film layar lebar.

Setidaknya sudah ada tujuh film yang mengangkat cerita legenda Ular Putih dan Ular Hijau. Yang paling terkenal tentu saja film Green Snake pada tahun 1993 yang dibintangi Maggi Cheung, serta film The Sorcerer and The White Snake pada tahun 2011 yang dibintangi aktor Jet Li.

 Ular Putih dan Ular Hijau. Foto: Youtube

Sementara itu, danau di kota Hangzhou, China, yang menurut legenda diyakini sebagai lokasi bertemunya Ular Putih dengan suaminya Xu Xian, sampai sekarang selalu ramai didatangi wisatawan, apalagi di musim semi dan musim panas.

Danau Barat atau West Lake selalu menjadi latar belakang pengambilan gambar di semua film yang mengangkat legenda Ular Putih dan Ular Hijau. Dua tempat ikonik di Danau Barat yakni Jembatan “The Broken Bridge” yang menjadi tempat pertemuan sekaligus perpisahan Ular Putih dan Suaminya, serta Pagoda Leifeng yang menjadi tempat terkurungnya Ular Putih setelah menghancurkan kota Hangzhou, juga selalu menjadi daya pikat wisawatawan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading