Sukses

Entertainment

Review The Big Short, Tema Berat yang Terasa Ringan dan Menghibur

Fimela.com, Jakarta Pemain: Christian Bale, Steve Carrell, Ryan Gosling, Brad Pitt, John Magaro, Finn Witrock, Melissa Leo, Marisa Tomei, Hamish Linklater, Rafe Spall
Sutradara: Adam McKay
Skenario: Adam McKay & Charles Randolph
Durasi: 130 menit

Sinopsis:

The Big Short" mengangkat kisah tentang gelembung keuangan atau krisis ekonomi yang terjadi pada era 2000-an. Kejadian itu ternyata menyebabkan krisis keuangan global pada 2007-2010. Film ini akan mengisahkan empat orang pria yang memiliki ide gila tapi brilian disaat sedang terjadi krisis perekonomian dunia. 

Dalam film ini diceritakan Wall Street sedang menggunakan sistem Subprime Mortgage Bonds, sebuah sistem yang banyak menimbulkan kerugian dari obligasi kredit rumah.  Mereka mulai menganalisa pasar dengan tujuan untuk membeli CDS dari investment bank ternama di Wall Street.

Namun karena dana mereka yang terlalu kecil membuat tidak ada yang berminat menjadikan mereka sebagai investor. Mereka harus bergerak dengan tepat tapi juga harus secara cepat karena jika salah, harta CDS yang mereka punya tidak akan berharga. Mereka sudah bisa memprediksi kalau investasi bidang properti yang saat ini sedang boomin sebenarnya sedang mengalami masalah karena banyaknya kredit atau cicilan macet.

Salah satunya adalah Michael Burry, ia memprediksi bisnis properti akan bermasalah besar sehingga melakukan swap atau kebalikannya, yaitu menjual semua saham di bidang properti. Langkah itu juga dilakukan oleh dua investor muda, Charlie Geller dan Jamie Shipley.

Lalu ada Jared Vennett, seorang yang bekerja di bidang perbankan tapi justru menyarankan agar semua perusahaan pengelola saham tidak berinvestasi bidang bidang properti yang sedang bergandeng mesra dengan bidang perbankan. Langkah keempat orang tersebut mendapat banyak ujian dan tentangan dari banyak pihak.

Review:

The Big Short diadaptasi dari buku berjudul sama karya Michael Lewis di tahun 2010. Buku tersebut diangkat dari kisah nyata tentang krisis ekonomi global, terutama di Amerika Serikat di tahun 2007-2008. Krisis finansial global pada tahun 2007-2008 dianggap oleh banyak kalangan sebagai krisis finansial terburuk sejak "Great Depression" yang berlangsung pada 1930-an.

Hanya di Amerika Serikat saja, jutaan orang kehilangan rumah serta pekerjaan mereka. Meski begitu, dampaknya tidak begitu terasa di beberapa negara, termasuk Indonesia. Mungkin itu yang membuat The Big Short kurang punya kedekatan emosi dengan penonton, terutama di Asia seperti di Indonesia.

Selain itu, menyaksikan film ini seperti didera dengan berbagai istilah bidang ekonomi yang kurang dipahami orang awam. Anda yang pernah mendengar, tahu atau bahkan mengerti istilah-istilah seperti credit default swap, sub-prime mortgage atau collateralized debt obligations (CDO)? Itu baru sebagian, karena masih banyak lagi istilah-istilah sejenis, yang tanpa pengetahuan dasar akan membuat anda pusing kepala saat menyaksikan film ini.

Tapi tak perlu khawatir Anda tak harus menjadi ahli ekonomi, karena penonton awam pun rasanya akan tetap terhibur. Bukan saja karena barisan pemainnya yang keren tapi juga akting mereka yang total dan sentuhan komedi yang menarik. Bahkan kita bisa menyaksikan artis cantik Margot Robbie dan Selena Gomez menjelaskan sejumlah istilah ekonomi dengan gaya yang santai dan mudah dicerna.

Dengan narasi ringan dan kocak yang dibawakan Ryan Gosling, membuat kita seperti dituntun sekaligus terhibur selama menonton. Rasanya wajar saja karena sang sutradara, Adam McKay, memang lebih dikenal sebagai spesials genre komedi. Adam dan aktor Will Ferrell bahkan membuat situs komedi ‘Funny Or Die’ serta membuat sejumlah serial komedi.

Adam juga memberikan sentuhan komedi di film superhero Ant-Man, karena ia menjadi penulis skenario film produksi Marvel tersebut. Adam McKay juga membuat The Big Short dengan alur cepat dan tidak membosankan. Sekedar catatan, Christian Bale berhasil masuk nominasi Oscar 2016 untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik lewat aktingnya gemilangnya di film ini.

Sayangnya, ending film yang seharusnya menjadi klimaks terasa kurang menohok. Terkesan agak datar. Meski begitu, The Big Short tetap menarik untuk ditonton dan sayang untuk dilewatkan. Usai menonton The Big Short, mungkin Anda tertarik mendalami ilmu ekonomi, who knows?.

Foto-foto Adegan:

Mark Baums cs sudah menyelidiki perekonomian AS yang sedang lesu. foto: dok. JMC

Akting para pemain seperti Steve Carell dan Ryan Gosling jadi kekuatan The Big Short. foto: dok. JMC

The Big Short dibintangi Brad Pitt, Ryan Gosling dan Christian Bale. foto: independent.co.uk

John Magaro dan Finn Wittrock sebagai duo investor muda di The Big Short. foto: dok. JMC

Christian Bale tampil eksentrik sebagai ahli keuangan di The Big Short yang berbuah nominasi Oscar 2016. foto: dok. JMC

Aktor dan komedian Steve Carell tampil cemerlang di The Big Short. foto: dok. JMC

Margot Robbie sedang menjelaskan situasi perekonomian di AS. foto: youtube

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading