Sukses

Entertainment

8 Penampil yang Miliki Debut Sebelum Bergabung di Grup K-Pop

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini, k-pop mantap mengambil alih perhatian penikmat musik dunia. Konsisten menyuguhkan sesuatu yang baru, industri k-pop seakan tidak kehabisan bakat dan ide untuk mencoba tampil sempurna.

Berbekal konsep yang matang, penampil k-pop dilahirkan setiap tahunnya untuk sebuah peremajaan k-pop. Masing-masing dari mereka tentu harus memiliki kemampuan seni di atas rata-rata agar mencuri perhatian.

Namun, ternyata sebelum bergabung dengan grup k-pop saat ini, beberapa penampil k-pop ini telah memiliki debutnya terlebih dahulu. Mau tahu siapa saja mereka? Berikut rangkumannya.

 

1. 4Minute - HyunA

HyunA 4Minute (via kpop-u-luv.blogspot.com)

HyunA awalnya merupakan anggota girlband Wonder Girls namun ia memutuskan hengkang pada Juli 2007 karena masalah kesehatan. Namun, ia masih menjadi bagian dari debut untuk MV Irony. Lalu, HyunA bergabung dengan 4Minute sebagai main rapper tahun 2009 dan memulai debut solo dan duo hip-hop Trouble Maker.

2. Bestie - Haeryeong, Uji dan Hyeyeon

Haeryeong, Uji dan Hyeyeon Bestie (via soompi.com)

Tiga anggota girlband Bestie, Haeryeong, Uji dan Hyeyeon awalnya merupakan anggota EXID di tahun 2012 ketika masih beranggotakan enam orang. Namun, setelah kolaborasi antara YNB Entertainment dan Shinsadong Tiger pindah ke selatan, girlband ini bubar setengah dengan menyisakan tiga orang di EXID dan tiga sisanya bergabung di YNB Entertainment.

3. SNSD - Sooyoung

Sooyoung SNSD (via allkpop.com)

Meski dikenal sebagai anggota SNSD, Sooyoung sebenarnya telah memulai debut ketika berusia 12 tahun dengan menjadi bagian dari duo idol grup Jepang, Route-O. Mereka merilis tiga single sebelum akhirnya bubar tahun 2003. 

4. 2NE1 - Sandara Park

Sandara Park (via ygpress.blogspot.com)

Anggota girlband 2NE1, Sandara Park memulai debutnya di Filipina dengan merilis album enam lagu. Lagu bertajuk In or Out dinyanyikan dengan bahasa Tagalog dan MV menampilkan sang Dara muda.

5. BEAST - Kikwang

Kikwang BEAST (via koreaboo.com)

Anggota boyband BEAST, Kikwang mengawali debutnya sebagai artis solo dengan nama AJ pada April 2009, enam bulan sebelum BEAST membuat debut mereka di Oktober tahun yang sama. HyunA yang menjadi bagian dari Cube Entertainment juga ada di dalam MV.

6. DIA - Seunghee

Seunghee DIA (via onehallyu.com)

Cho Seunghee bergabung dengan girlband DIA untuk debut mereka di September 2015 setelah grup 5dolls dibubarkan di Maret 2015. Ia menjadi satu-satunya anggota 5dolls yang bergabung dengan girlband lain.

7. Hello Venus - Alice

Alice Hello Venus (via kpopnow.com.br)

Leader girlband Hello Venus, Alice membuat debut di dunia tarik suara dua tahun sebelum bergabung dengan girlbandnya kini. Tahun 2010 ia memulai debut sebagai seorang penyanyi solo dengan nama Ora dan merilis MV untuk lagunya bertajuk Naughty Face.

8. JYJ

JYJ (Bintang/EPA)

JYJ adalah sebuah mantan trio dengan mantan anggota TVXQ di antaranya Jaehoong, Yoochun dan Junsu setelah mereka meninggalkan SM Entertainment. Boyband ini merilis berbagai album sukses sejak formasi dan ditangani oleh C-JeS Entertainment.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading