Sukses

Entertainment

Jadi Film Terbaik Oscar 2016, Spotlight Samai 'Rekor' Oscar 1953

Fimela.com, Jakarta Ajang Oscar 2016 atau Academy Awards ke-88 akhirnya memilih film Spotlight sebagai Best Picture atau Film Terbaik. Terpilihnya Spotlight sebagai pemenang termasuk di luar dugaan.

Meskipun dipuji banyak kritikus dan sempat meraih piala di ajang lainnya, tapi The Revenant yang dibintangi Leonardo DiCaprio sebelumnya lebih difavoritkan. Namun saat aktor veteran Morgan Freeman mengumumkan pemenang di kategori Film Terbaik di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (28/2/2016), yang disebutkan adalah Spotlight.

Film The Greates Show on Earth (1952). foto: scratchpad.wikia.com

Di ajang Oscar 2016, Spotlight yang diproduseri Michael Sugar ‘hanya’ meraih dua piala dari enam nominasi yang mereka peroleh. Satu piala lagi diperoleh di kategori Skenario Asli Terbaik. Ini berarti, Spotlight menyamai rekor film The Greatest Show on Earth yang meraih dua piala di ajang Oscar 1953. Dua piala tersebut didapat di kategori Film Terbaik dan Cerita Terbaik.

Spotlight dan The Greatest Show on Earth menjadi film terbaik di ajang Oscar yang meraih kurang dari tiga piala. Bedanya, kemenangan The Greatest Show on Earth yang dibesut Cecil B. DeMille masih menjadi kontroversi sampai saat ini, bahkan masuk dalam ’10 Film Terburuk Pemenang Film Terbaik di ajang Oscar’.

Para pemain Spotlight saat diumumkan sebagai Film Terbaik di Oscar 2016. foto:  New York Times

Sedangkan kemenangan Spotlight sejauh ini tidak terlalu diperdebatkan. Spotlight yang disutradarai Tom McCarthy menceritakan tentang penyelidikan sejumlah wartawan dalam kasus pencabulan terhadap anak-anak oleh gereja di kota Boston.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, Liev Schreiber, Stanley Tucci dan Billy Crudup. Meski hanya meraih dua Oscar, kita harus ucapakan selamat untuk tim film Spotlight yang terpilih sebagai Film Terbaik di ajang Oscar 2016.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading