Sukses

Entertainment

Film G 30 S/PKI Dikalahkan Amy Winehouse di Oscar 2016

Fimela.com, Jakarta Film Senyap yang menceritakan tentang penumpasan G 30 S/PKI Indonesia harus mengakui keunggulan film tentang Amy Winehouse di ajang Oscar 2016. Film bertajuk Amy itu memang berhasil menang di kategori Film Dokumenter Terbaik.

Meski menceritakan sejarah gelap negeri ini di masa lalu, nama Indonesia memang terwakili melalui film Senyap atau The Look of Silence. Film produksi Denmark tersebut disutradarai oleh sineas Amerika Serikat, Joshua Oppenheimer.

Amy Winehouse di film dokumenter Amy.

Ini untuk kedua kalinya Joshua membuat film dokumenter tentang penumpasan komunis di Indonesia. Sebelumnya, Joshua membuat film bertajuk Jagal (The Act of Killing). Film tersebut juga masuk nominasi Oscar di tahun 2014 di kategori yang sama.

Di tahun ini, film besutan Joshua bersaing dengan Amy, Cartel Land, What Happened Miss Simone, dan Winter’s on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom. Pada akhirnya, Amy yang berhasil keluar sebagai pemenang di ajang Oscar 2016. Film yang dibesut oleh Asif Kapadia itu memang lebih diunggulkan karena sudah meriah sejumlah penghargaan di ajang lainnya.

Senyap atau The Look of Silence. foto: watershed

Uniknya, film yang menceritakan kehidupan penyanyi sensasional Amy Winehouse itu, tak mendapat dukungan dari keluarga Amy.

Pihak keluarga menilai film Amy kurang sesuai dengan kehidupan sebenarnya dari mendiang penyanyi asal Inggris itu.

Meski begitu, film yang dipuji sejumlah kritikus itu berhasil meraih piala di ajang Oscar 2016. Film Amy juga banyak diminati penonton dan menjadi film dokumenter produksi Inggris terlaris sepanjang masa dengan pendapatan sekitar 22 juta USD.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading