Sukses

Entertainment

5 Kemenangan Mengejutkan di Oscars 2016

Fimela.com, Jakarta Pada tahun ke-88 penyelenggaraanya, Academy Awards atau Oscar 2016 kembali dihelat di Dolby Theatre, Hollywood, California pada 28 Februari 2016 malam waktu setempat.

Aktor Chris Rock pun kembali didaulat untuk menjadi host ajang bergengsi perfilman dunia tersebut. Dari 24 kategori yang diperebutkan di tahun ini, terjadi sejumlah kejutan.

Beberapa kemenangan dinilai cukup mengejutkan dan di luar perkiraan banyak orang. Tentunya kemenangan Leonardo DiCaprio untuk pertama kalinya sebagai Aktor Utama Terbaik di ajang Oscar sudah banyak diprediksi.

Penerima piala di sejumlah kategori juga tidak terlalu mengejutkan. Selain itu, setidaknya ada lima kemenangan di ajang Oscars 2016 yang dinilai mengejutkan.

1. Mark Rylance, bukan Sylvster Stallone jadi Aktor Pendukung Terbaik.

Mark Rylance dan Tom Hanks di film Bridge of Spies. (dok. 20th Century Fox)

Nama Sylvester Stallone paling sering disebut-sebut sebagai kandidat kuat pemenang di kategori Aktor Pendukung Terbaik. Kemenangan di ajang Golden Globes 2016 jadi salah satu alasan utama. Alasan lainnya bersifat sentimentil. 40 tahun lalu film Rocky yang dibintangi Stallone meraih piala di ajang Oscar 2016, termasuk di kategori Skenario Asli Terbaik yang ditulis sendiri oleh Stallone.

Di film itu, Stallone berperan sebagai Rocky Balboa, peran yang juga dibawakannya di film Creed. Tapi ternyata, Mark Rylance yang menjadi pemenang berkat aktingnya di film Bridge of Spies. Kemenangan Rylance di ajang bergengsi BAFTA Awards 2016 seperti luput dari pengamatan.


2. Ex Machina di kategori Efek Visual Terbaik.

Film Ex Machina. foto: Cinema Blend

Siapa paling dijagokan meraih piala untuk kategori Best Visual Effects atau Efek Visual Terbaik? Tentunya Star Wars: The Force Awakens. Nominator lainnya juga tak kalah bagus yaitu Mad Max: Fury Road, The Martian dan The Revenant.

Lalu ada Ex Machina, film fiksi-ilmiah berbujet hanya sekitar 15 juta USD. Hasilnya, Ex Machina yang dibintangi Alicia Vikander yang terpilih sebagai pemenang. Meski berbiaya rendah, Ex Machina jadi contoh betapa berharganya sebuah kerja keras dan kreatifitas untuk sebuah kemenangan.

3. Sam Smith di kategori Best Song

Sam Smith saat hadir di Oscar 2016. (via oscar.go.com)

Lagu soundtrack film James Bond, The Writing’s on the Wall (dari film Spectre) yang dilantunkan oleh Sam Smith memang memenangkan kategori Best Soundtrack di ajang Golden Globes 2016. Namun penampilan memukau dan spektakuler Lady Gaga membawakan lagu Til It Happens to You sangat menggugah hati.

Seperti mengindikasikan lagu soundtrack film dokumenter The Hunting Ground itu akan meraih piala. Saat diumumkan, ternyata Sam Smith yang menjadi pemenang. Hasil ini menyamai pencapaian Skyfall milik Adele, soundtrack film James Bond berjudul sama yang juga meraih Oscar.

4. Mad Max: Fury Road Dominasi Kategori Teknis.

Poster 'Mad Max: Fury Road'. Foto: via comingsoon.net

Film yang disutradarai George Miller ini adalah pemenang sesungguhnya di ajang Oscars 2016. Mereka berhasil memborong enam piala, jumlah terbanyak yang pernah dimenangkan oleh film bergenre eksyen maupun fiksi-ilmiah. Mad Max: Fury Road meraih piala di kategori Best Production Design, Best Sound Mixing, Best Sound Editing, Best Film Editing, Best Makeup and Hairstyling, and Best Costume Design.

Mad Max: Fury Road memang hanya sebatas menjadi nominasi di kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik, tapi memenangkan enam Oscar jelas bukan prestasi sembarangan. Sekali lagi, enam piala Oscar!

5. Spotlight sebagai Film Terbaik

Film Spotlight. Foto: IMdb

Usai Alejandro Gonzales Inarritu diumumkan sebagai Sutradara Terbaik, mungkin banyak yang mengira The Revenant akan menjadi Film Terbaik. Atau bisa juga Mad Max: Fury Road membuat kejutan besar karena sudah meraih enam piala di malam itu. Hasilnya, bukan kedua film tadi tapi tetap sebuah kejutan yaitu Spotlight.

Film garapan Tom McCarthy ini total hanya meraih dua piala. Satu lagi di kategori Skenario Asli Terbaik. Ini berarti, Spotlight menyamai rekor film The Greatest Show on Earth yang meraih dua piala di ajang Oscar 1953. Dua piala tersebut didapat di kategori Film Terbaik dan Cerita Terbaik. Uniknya, film yang diangkat dari kisah nyata ini meraih piala di awal dan akhir acara Oscars 2016.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading