Sukses

Entertainment

Eksklusif Dian Sastrowardoyo, AADC 2 Akhiri Nasib Penantian Cinta

Fimela.com, Jakarta Nama Dian Sastrowardoyo seperti melekat dengan perannya sebagai Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) yang rilis di tahun 2002. Film yang juga dibintangi Nicholas Saputra sebagai Rangga itu meraih sukses besar dan masih banyak disukai sampai saat ini.

Hal itu jadi salah satu faktor pendorong dibuatnya sekuel AADC yang bertajuk AADC 2 di tahun ini. Setelah 14 tahun, film produksi Miles itu akhirnya dibuatkan sekuelnya. Dian pun akan kembali berperan sebagai Cinta. Pemilik nama lengkap Diandra Paramita Sastrowardoyo ini tak hanya mengandalkan wajah cantiknya hingga bisa meraih sukses seperti sekarang ini.

***

Wanita kelahiran 16 Maret 1982 ini sudah memulai karir di dunia hiburan sejak 1996. Ia menjadi juara pertama di ajang Gadis Sampul sebuah majalah remaja terkemuka. Setelah laris menjadi model iklan dan video klip, Dian terjun ke dunia akting.

Eksklusif Dian Sastrowardoyo (Fotografer: Galih W. Satria Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Film pertamanya adalah Bintang Jatuh di tahun 2000 yang disutradarai Rudi Soedjarwo. Lalu di tahun selanjutnya, Dian bermain di film Pasir Berbisik bersama aktor senior seperti Christine Hakim, Slamet Rahardjo dan Didi Petet.

Baru di tahun 2002, nama Dian Sastrowardoyo melejit lewat film AADC. Ia pun disebut-sebut sebagai ikon kebangkitan film nasional bersama Nicholas Saputra. Maklum saja, keberhasilan AADC bukan saja semakin memicu industri perfilman Indonesia yang sempat lesu selama satu dekade tapi juga memicu diadakannya kembali Festival Film Indonesia (FFI) di tahun 2004.

Setelah itu sejumlah film layar lebar pun dibintangi oleh Dian, seperti Banyu Biru, Ungu Violet, Belahan Jiwa dan 7/24. Ibu dari dua anak ini juga sempat berpasangan lagi dengan Nicholas di film reliji 3 Doa 3 Cinta (2008).

Dian pernah melangkahkan kakinya di Cannes Film Festival 2012 di Prancis mewakili Asia Tenggara. Tak hanya di layar lebar, Dian tidak alergi bermain di layar kaca. Ia sempat membintangi serial Dunia Tanpa Koma yang juga dibintangi Tora Sudiro dan Fauzi Baadila.

Eksklusif Dian Sastrowardoyo (Fotografer: Galih W. Satria Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Meski belakangan lebih fokus mengurus keluarga, pamor Dian tak pernah luntur di dunia hiburan. Di tahun ini kita akan kembali menyimak aktingnya sebagai Cinta di Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2).

Film yang disutradarai Riri Riza ini masih dibintangi para pemain film pertamanya serta sejumlah pemain baru. AADC 2 akan rilis di bioskop mulai 28 April mendatang. Bagaimana Dian berperan kembali sebagai Cinta setelah 14 tahun berlalu?

Apa yang berbeda dengan karakter Cinta dulu dan sekarang? Lalu bagaimana kelanjutan kisah cinta Rangga dan Cinta di AADC 2? Simak wawancara eksklusif Dian Sastrowardoyo dengan Henry, Syaiful Bahri, Basyir Latifan, Hasan Mukti dan Galih W Satria dari Bintang.com, di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2016) lalu.

Kelegaan Dian Sastrowardoyo di AADC 2

Pesona dan kecantikan Dian Sastrowardoyo seperti tak pernah pudar. Meskipun usianya sudah memasuki kepala tiga, pemeran Cinta ini terlihat tak berbeda jauh seperti saat bermain di AADC pertama. Dian pun mengemukakan perasaan dan pendapatnya begitu mengetahui AADC dibuatkan sekuelnya.

Film AADC akhirnya dibuatkan sekuelnya, AADC 2, bagaimana perasaannya?

Perasaannya campur aduk. Ada perasaan senang, bahagia, excited dan deg-degan juga. Terus ada rasa gugup juga. Aku sama sekali nggak nyangka akan ada sekuelnya AADC setelah sekian lama.

Sebelumnya pernah berharap bakal ada AADC 2?

Saya sebenarnya sudah cukup ikhlas menerima kalau AADC yang sampai di situ saja dan nggak akan ada sambungannya. Eh ternyata benar-benar ada terusannya. Mbak Mira yang mengajak saya bertemu dan mengajak saya kembali bermain di AADC 2.

Setelah 14 tahun, bagaimana kamu mendalami karakter Cinta?

Ya, 14 tahun jelas waktu yang cukup lama. Tiap orang pasti akan berubah dalam hitungan tahun, begitu juga dengan Cinta. Yang jelas aku harus mendalami karakter Cinta setelah memasuki usia dewasa. Lebih ke bagaimana aku masuk ke dalam karakter Cinta yang saat ini.

Eksklusif Dian Sastrowardoyo (Fotografer: Galih W. Satria Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Apa perbedaan yang paling terasa?

Dulu aku udah pernah meranin karakter Cinta, jadi aku sudah tahu bagaimana Cinta. Tapi waktu itu di usia Cinta 17 tahun. Sekarang, karakter Cinta di usia 29 – 30 tahun, jadi pasti ada perbedaan. Meski berubah, karakter utama Cinta masih tetap sama.

Seperti apa karakter Cinta di AADC 2?

Seperti apa karakternya, nanti tonton aja di tanggal 28 April nanti, hahaha. Ya pokoknya melebihi harapan aku. Aku lebih suka sama Cinta yang sekarang. Karakter Cinta yang sekarang pastinya lebih dewasa.

Ada kesulitan selama atau sebelum proses syuting?

Kesulitannya ya itu, memerankan karakter Cinta setelah sekian lama. Itu jadi Pe-er saya dan pemain lainnya di AADC pertama. Kita harus membayangkan masa 14 tahun yang tidak ada dalam film, kemudian di usia kita saat ini kita jalani prosesnya untuk karakter itu, termasuk aku sebagai Cinta.

Lalu apa yang kamu lakukan?

Kita bayangkan dulu apa dilakukan Cinta setelah lulus sekolah. Gimana pas Cinta lulus SMA, wisuda siapa aja yang datang, lalu di tahun berikutnya dia ngapain di tahun berikutnya dan tahun berikutnya sampai kita dapat karakternya untuk di AADC 2. Cinta mengambil jurusan apa waktu dia kuliah, apakah tehnik atau sastra misalnya, itu akan ikut berpengaruh sama karakter dia sekarang ini.

Eksklusif Dian Sastrowardoyo (Fotografer: Galih W. Satria Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Seberapa besar pengaruh kesuksesan AADC 2 untuk kamu?

AADC benar-benar mengubah pengalaman hidup saya. Kehidupan sehari-hari maupun karir saya setelah AADC jadi berubah sampai seperti saat ini. Pastinya berkat AADC karir saya jadi semakin bagus dan semakin banyak dapat tawaran, bukan hanya di film tapi juga di bidang lain.

Apa perubahan yang paling terasa setelah bermain di AADC?

Yang paling terasa, aku jadi sering dipanggil Cinta. Aku seperti lebih dikenal sebagai Cinta bukan Dian. Ya itu sudah resiko dari kesuksesan AADC yang benar-benar disukai banyak orang. Kebetulan aku dan teman-teman di AADC, terutama sama pemain Geng Cinta, lebih suka manggil nama peran kita masing-masing, bahkan sampai sekarang ini.

Hubungan dengan pemain AADC lainnya masih terus terjalin dengan baik?

Kita masih tetap temenan setelah main AADC. Kalau sekarang ketemuan sebenarnya nggak juga, tapi masih terus saling kontak. Pas mau syuting AADC 2 kita jadi lebih sering ketemuan pastinya. Nah, setelah syuting kita kadang-kadang juga suka ketemuan. Aku sendiri belakangan ini suka olahraga bareng Karmen (Adinia Wirasti).

Cinta dan Rangga di Mata Dian Sastrowardoyo

Para pemain utama AADC pertama seperti Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra kembali bermain di AADC 2. Setelah 14 tahun, mereka kembali bermain bersama. Apakah ada kesulitan untuk menjalin chemistry kembali, dan bagaimana pemain seperti Dian mendalami karakter Cinta di sekuel AADC ini.

Setelah sekian lama, bagaimana beradaptasi kembali dengan pemain AADC pertama?

Rasanya bisa nyambung lebih cepat karena ya itu tadi kita beberapa kali sudah pernah ketemuan dan tetap saling kontak. Nggak ada rasa canggung, tapi tetap harus menjalin chemistry lebih dalem lagi biar lebih meyakinkan. Seperti kita bilang tadi, kita sama-sama membayangkan apa yang kita lakukan selama 14 tahun hingga akhirnya berkumpul lagi di AADC 2.

Lalu bagaimana menjalin chemistry lagi dengan Nicholas Saputra sebagai Rangga?

Kebetulan aku sama Nico sudah pernah main film bareng setelah AADC. Kita main bareng di film 3 Doa 3 Cinta dan Drupadi. Malahan di Drupadi, kita disutradarai mas Riri Riza dan produsernya mbak Mira Lesmana juga. Lalu terakhir di mini drama yang untuk iklan itu. Aku juga masih berhubungan baik sama Nico, jadi nggak terlalu ada kesulitan untuk membangun chemistry.

Jadi bagaimana kelanjutan kisah Cinta dan Rangga?

Wah, kalau itu nggak bisa diceritakan sekarang. Kelanjutan hubungan Rangga dan Cinta memang banyak ditunggu dan banyak yang penasaran, termasuk sama kita sebagai pemainnya. Ya makanya tunggu nanti tanggal 28 April, hehehe.

Eksklusif Dian Sastrowardoyo (Fotografer: Galih W. Satria Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Ada bocoran sedikit tentang cerita mereka, atau mungkin tentang karakter Cinta atau Rangga?’

Aku cuma bisa bilang, karakter Rangga di sini bakal makin keren, pasti bakal banyak yang suka. Karakternya seperti apa, ya belum bisa diceritain, hehehe. Yang jelas ceritanya dibuat semakin menarik.

Berdasarkan video teaser AADC 2, bagaimana kalau kamu seperti Cinta, apa kamu akan memaafkan Rangga?

Wah, kalau aku mengalami nasib seperti Cinta? Aku pasti nggak akan memaafkan orang seperti Rangga, hahaha. Tapi itu kalau aku lho, kalau di filmnya belum tentu seperti itu ceritanya.

Sebelum syuting AADC 2, apa menonton kembali AADC pertama?

Kita sama sekali nggak nonton, karena benar-benar harus membawa sesuatu yang baru di AADC 2. Karakter kita di film pertama sebagai background saja yang harus kita kembangkan lagi.

Bagaimana rasanya melihat akting kamu di AADC pertama?

Rasanya senang aja. Karena waktu itu kita seperti main tanpa beban dan nggak menyangka filmnya akan sukses.

Apa yang paling berkesan selama syuting?

Aku sangat menikmati proses syutingnya. Meski sekarang aku sudah berkeluarga dan punya anak, berkat AADC 2 punya kesempatan buat ngekos sama teman-teman.Kita sebelahan kamar, lalu pulang syuting ketok-ketokan pintu bareng, nginep ke kamar, latihan, makan bareng dan hangout. Saya seperti jadi gadis remaja lagi.

Eksklusif Dian Sastrowardoyo (Fotografer: Galih W. Satria Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Banyak yang menanti kehadiran AADC 2, apa ada perasaan terbebani?

Kita tahu ekspektasi masyarakat atau penonton terhadap film ini pasti sangat tinggi. Tapi seperti aku bilang tadi, kita menjalani proses syuting film ini dengan perasaan senang dan tanpa beban, seperti di film pertamanya. Apalagi kita ditangani sama orang-orang terbaik di bidangnya seperti mbak Mira sama mas Riri, jadi kita nggak ada perasaan takut atau terbebani. Rasa khawatir atau deg-degan mungkin ada, tapi itu wajar aja sih.

Ada banyak meme seputar AADC 2 sudah beredar, apa tanggapan kamu?

Aku ambil positifnya. Ini jadi bukti banyak yang menantikan AADC 2. Lalu karakter Rangga dan Cinta sudah melekat banget di hati banyak orang. Meme nya banyak yang lucu dan kreatif.

Lalu apa harapan kamu untuk film AADC 2?

Mudah-mudahan film AADC 2 bisa meraih sukses dan disukai banyak penonton. Kalau bisa lebih sukses dari film pertamanya dan bisa menginspirasi banyak orang.

Film Apa Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) yang diproduseri Mira Lesmana dan disutradarai Riri Riza akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia, Malaysia dan Brunei mulai 28 April 2016. Kita akan menyaksikan kembali akting pemain lama seperti Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra serta pemain baru seperti Christian Sugiono dan Ario Bayu. Seperti harapan Dian dan juga banyak orang, mudah-mudahan film AADC 2 akan bisa menghibur kita semua serta menuntaskan kerinduan kita terhadap film tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading