Sukses

News & Entertainment

Roy Suryo: Sulit Melacak Pelaku Petisi Oki Setiana Dewi

Fimela.com, Jakarta Pakar telematika Roy Suryo menegaskan aksi yang dilakukan para pelakukan kejahatan di dunia maya agak sulit dikejar. Seperti habitatnya; dunia maya. Di dunia maya ini semua orang bisa memojokkan atau menuding seseorang seperti yang dialami Oki Setiana Dewi.

Roy yang juga mantan Menteri Pemuda Dan Olah Raga itu menyarankan kepada Oki Setiana Dewi untuk tidak terlalu ngoyo an bernafsu mengejar pelaku aksi firnah. 

"Namanya saja 'Dunia Maya' alias dunia tak nyata. Orang yang bergulat di dunia maya ini bisa saja menggunakan identitas yang bukan nyata. Apalagi sekarang banyak yang berprofesi selaku buzzer yang 1 orang bisa pegang 10 sampai dengan 100 akun, ditambah berbagai cara teknis untuk 'melipatgandakan' hasil," terang Roy Suryo.

Ory Vitrio, sang suami juga merasa bersyukur dan terus menyemangati istrinya untuk terus melanjutkan studi S3. (Instagram/okisetianadewi)

Saat ditanya apakah ada bisa diungkap siapa pelaku dibalik petisi atas Oki Setiana Dewi dengan terdiam. Sejurus kemudian dia melanjutkan penjelasannya. "Terus terang ribet mas, apalagi sudah jadi rahasia umum kalau situs-situs yang menyelenggarakan polling semacam itu rawan rekayasa. Artinya polling itu bisa diatur. Kalau sudah begini bia dibayangkan output-nya minta bagaimana" katanya.

Menurut Roy tidak perlu terlalu serius menanggapi polling atau petisi di dunia maya. "So, anggap saja lucu-lucuan, tidak usah ditanggapi terlalu serius petisi-petisi itu. Kecuali mereka melakukan petisi semacam itu di dunia nyata," lanjutnya.

Roy Suryo. (Liputan6.com\Miftahul Hayat)

Tapi Roy menyerahkan kepada Oki Setiana Dewi dan juga suaminya Ory Vitrio untuk bersikap dan menanggapi petisi melalui dunia maya. "kalau mau ditanggapi ya silahkan saja," katanya. 

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Selebriti Indonesia yang Mertuanya Abdi Negara