Sukses

Entertainment

Film 90-an: Mr. Bean, Sitkom Legendaris Karya Master Teknik

Fimela.com, Jakarta Situasi Komedi (Sitkom) menjadi salah satu jenis tontonan yang begitu diminati pada era 90-an. Melihat fenomena ini, Rowan Atkinson yang merupakan Master Teknik Elekto itu pun tercetus untuk membuat karakter jenaka bernama Mr. Bean.

Perlu waktu hampir satu dekade untuknya memastikan karakter pria yang suka memakai jas dan dasi di hampir setiap kesempatan itu. Proses pembangunan karakter Mr. Bean sendiri dilakukan Rowan selama mengenyam pendidikan strata dua di Queen's College, Oxford, Inggris.

Rowan Atkinson yang terkenal dengan karakter kocaknya sebagai Mr. Bean. (Bintang/EPA)

Siapa yang menyangka, sebelum memutuskan menggunakan nama 'Bean', Rowan sempat ingin memberikan nama-nama dari jenis sayuran lain seperti Mr. Cauliflower. Salah satu warna yang menjadi lambang kesucian, Mr. White (Putih), pun pernah terbesit dibenak bapak anak dua tersebut.

Setelah melalui proses yang cukup panjang tersebut, akhirnya pada 1 Juli 1990 episode perdana dari sitkom Mr. Bean rilis di televisi. Tepat di episode 13 yang diberi judul Goodnight Mr. Bean, sitkom ini berakhir di ITV pada 31 Oktober 1995. Namun, Nickeledion menayangkan kembali dua klip baru dari Mr. Bean, The Best Bits of Mr. Bean pada 1995 dan Hair by Mr. Bean of London yang baru tayang pada 2006.

Merry Christmas, Mr. Bean. Foto: via efllecturer.blogspot.com

Sitkom Mr. Bean sendiri terbilang unik dengan suguhan dialog yang sangat minim. Meski begitu, penonton nyatanya tetap terhibur dengan kisah keseharian dari Mr. Bean yang kerap berakhir dengan kekonyolan. Karakter yang tampil di setiap episodenya pun tidak terlalu banyak. Irma Gobb yang merupakan kekasih dari Mr. Bean yang paling sering hadir, bersama dengan Teddy Bear dan mobil kuning kesayangan Mr. Bean.

Tak cuma di Inggris, sitkom dari Mr. Bean juga ditayangkan di hampir 200 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, Mr. Bean biasanya hadir saat momen-momen libur tiba. Terutama saat Natal dan Tahun Baru. Apalagi Mr. Bean punya episode khusus untuk merayakan momen tersebut yang berjudul Merry Christmas Mr. Bean.

Mr. Bean's Holiday. Foto: via reliancehvg.co.in

Kesuksesan dari Mr. Bean telah menghantarkan Rowan Atkinson menjadi nominasi ajang perfilman seperti BAFTA Awards 1991 dan 1994. Tak banyak yang tahu, episode perdana dari Mr. Bean berhasil memenangkan piala di Golden Rose pada 1991 silam.

Bertahan hingga lebih dari dua dekade, Mr. Bean tidak hanya tersaji dalam bentuk sitkom saja. Tapi juga dalam bentuk film layar lebar, animasi, video game hingga buku. Dua film dari Mr. Bean diketahui sukses besar di pasaran. Bahkan, Rowan Atkinson pernah mengungkapkan bahwa film Mr. Bean's Holiday bakal menjadi film terakhirnya sebagai Mr. Bean. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading