Sukses

Entertainment

5 Aktor Hollywood yang Perankan Orang Islam

Fimela.com, Jakarta Tiap aktor harus bisa memerankan segala macam karakter di film yang dibintanginya. Begitu juga dengan sejumlah aktor Hollywood yang dituntut berperan sebagai orang Islam atau Muslim.

Tragedi 9/11 di New York pada 2011 lalu membuat masyarakat Amerika Serikat (AS) seperti mengalami phobia terhadap kaum muslim atau Islamophobia. Mereka kerap mengidentikkan Islam dengan teroris atau penganut garis keras. Padahal Islam adalah agama perdamaian dan sangat anti kekerasan.

Hal itu juga tercermin dalam sejumlah film Hollywood yang menampilkan karakter orang Islam yang lebih cinta damai. Mereka diperankan oleh sejumlah aktor Hollywood yang mampu mentransformasikan diri mereka sebagai seorang muslim. Bahkan ada aktor Hollywood yang dua kali berperan sebagai orang Islam.

Kali ini kami sajikan lima aktor Hollywood yang pernah berperan sebagai orang Islam di film-film yang mereka bintangi. Siapa saja mereka? Simak daftarnya berikut ini.

Denzel Washington

Denzel Washington sebagai Malcolm X. foto: youtube

Aktor kawakan ini berperan sebagai tokoh muslim terkemuka di AS yaitu Malcolm X. Film garapan Spike Lee yang dirilis pada 1992 itu memang kurang begitu sukses di pasaran, tapi mendapat banyak pujian dan sejumlah penghargaan. Akting Denzel sebagai Malcolm X , salah seorang tokoh penyebar agama Islam di AS, sangat meyakinkan dan memukau.

Berkat akting gemilangnya, Denzel Washington meraih penghargaan New York Film Critics Circle Awards dan masuk nominasi Aktor Utama Terbaik di ajang Oscar 1993. Film Malcolm X sendiri di tahun 2010 lalu masuk dalam daftar film yang dilestarikan oleh Perpustakaan Nasional AS (Library of Congress) karena mengandung muatan budaya dan sejarah yang termasuk akurat.

Samuel L. Jackson

Film Against the Wall (1994). foto: alamy.com

Samuel L. Jakcson, pemeran Nick Fury di The Avengers dan film-film superhero Marvel lainnya, pernah berperan sebagai orang Islam film Against the Wall (1994). Film produksi HBO itu memang bukan film berbujet besar, bahkan di AS hanya ditayangkan di televisi berbayar. Di film ini Jackson. berperan sebagai Jamal X, seorang tahanan politik yang memimpin pemberontakan para napi kulit hitam di penjara Attica, New York.

Jamal yang diceritakan seorang muslim, punya karakter beda dari sebagian besar rekannya. Jamal meskipun tegas tapi pembawaannya lebih tenang, mengutamakan diplomasi dan menghindari jalan kekerasan sebisa mungkin. Setelah bermain di Against the Wall, Jackson bermain di film Pulp Fiction di tahun yang sama dan membuat karirnya meroket sampai saat ini

Mario Van Peebles

Mario van Peebles (kiri) sebagai Malcom X di film Ali. foto: hollywood.com

Aktor berdarah Meksiko-Jerman ini lebih dikenal sebagai aktor layar kaca. Mario van Peebles pernah membintangi serial The Cosby Show, Sonny Spoon dan All My Children. Bahkan belakangan ini Mario lebih sering menyutradarai sejumlah film dan serial televisi. Mario sendiri pernah berperan sebagai Malcolm X di film Ali (2001) yang dibintangi Will Smith. Meski hanya mendapat porsi peran kecil, Mario dinilai lebih mirip Malcolm X dari segi fisik, dibandingkan Denzel Washington yang lebih pendek dan lebih hitam dari sosok Malcolm sebenarnya.

Morgan Freeman

Morgan Freeman di film Robin Hood: Prince of Thieves. foto: alamy.com

Peran yang dibawakan Morgan Freeman di Robin Hood: Prince of Thieves termasuk unik. Awalnya mungkin penonton kurang menyadari kalau karakter Azeem yang diperankan aktor kawakan itu adalah orang Islam. Azeem yang diceritakan sebagai bangsa Moor di film yang dibintangi Kevin Costner itu memang jarang ditonjolkan dalam film-film Robin Hood lainnya. Menariknya, karakter Azeem diceritakan sebagai orang yang tenang, anti kekerasan dan alkohol.

Azeem juga setia mengikuti Robin Hood yang sudah berjasa menyelamatkan nyawanya. Azeem juga hanya membunuh atau ikut berperang untuk membela kebenaran. Azeem yang diperankan dengan memikat dan karismatik oleh Morgan Freeman adalah hal langka di perfilman Hollywood yang patut kita puji. Mereka menampilkan karakter fiksi orang Islam dengan sangat simpatik.

Anthony Quinn

Anthony Quinn di film Lion of the Desert. foto: alamy.com

Aktor berdarah Meksiko ini mungkin jadi satu-satunya aktor berkulit putih yang pernah memerankan orang Islam. Bukan hanya sekali, tapi dua kali. Anthony Quinn berperan sebagai Hamza, salah seorang paman nabi Muhammad dalam film The Message (1976), Quinn lalu memerankan pemimpin suku Baduy bernama Omar Mukhtar dalam film Lion of the Desert (1981).

Kedua film yang diadaptasi dari kisah nyata itu disutradarai oleh Moustapha Akkad, sineas asal Suriah yang meraih sukses di Hollywood. Bermain dua kali sebagai orang Islam, Quinn yang pernah meraih Piala Oscar ini sempat disangka sebagai pemeluk Islam padahal ia adalah penganut Kristen-Pantekosta.

Will Smith

Will Smith sebagai Muhammad Ali dalam film berjudul Ali. (Independent)

Salah satu peran yang melejitkan nama Will Smith adalah Ali di tahun 2001. Pasca tragedi 9/11, Ali jadi film pertama yang memotret Islam dengan positif. Seperti banyak diketahui, Smith berperan sebagai petinju legendaris Muhammad Ali dalam film yang disutradarai oleh Michael Mann tersebut. Will Smith yang sebelumnya lebih sering tampil di film-film komedi, mampu tampil gemilang sebagai Ali di film bergenre drama sport itu.

Untuk pertama kalinya, Will Smith masuk nominasi Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik di tahun 2002. Peran Ali begitu berkesan bagi Will Smith dan bahkan sempat dikabarkan tertarik pada Islam. Saat Muhammad Ali meninggal dunia, Smith yang bersahabat dengan Ali ikut menjadi salah seorang pembawa peti jenazah Ali yang dimakamkan pada 10 Juni lalu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading