Sukses

Entertainment

Kategori Baru FFI 2016, Penghargaan untuk Soundtrack Terbaik

Fimela.com, Jakarta Ajang penghargaan bagi insan perfilman tanah air, Festival Film Indonesia, akan segera digelar kembali. Di tahun 2016, FFI mengusung tema Restorasi sebagai wujud semangat perfilman Indonesia dalam menjaga film-film klasik Indonesia. Semangat pembaharuan juga dilakukan dengan menambah kategori baru.

"Ada kategori baru yang kita adain tahun ini yaitu soundtrack. Karena soundtrack punya peranan penting dalam sebuah film," ucap Lukman Sardi saat jumpa pers FFI 2016 di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (21/7/2016).

Rossa (Andy Masela/bintang.com)

Selain kategori soundtrack film, kategori baru lainnya yakni Best Asean Movies. Namun untuk kategori ini, kata Lukman masih dalam proses diskusi. "Kategori baru Best Asean Movies masih dalam penjajakan. Karena kita lihat potensi film Indonesia bisa leading di Asean sekaligus kita mau buat ikatan erat antar film maker di Asean," terang Lukman menambahkan.

Menurutnya, kategori Best Asean Movies bisa dapat memecut dunia luar bahwa Indonesia punya Industri film yang tak kalah mumpuni. "Kita mau nunjukin ke internasional kalau Asean punya film baik. Kita mengacu ke Oscar yang punya Best Foregin Language," jelasnya.

Preskon film Rudy Habibie (Galih W. Satria/bintang.com)

Namun untuk mewujudkan hal tersebut, kata Lukman perlu adanya konsep yang matang dan mencari dewan juri yang berkompeten di bidang film dan punya nama terkenal di tingkat Asia. "Masih penjajakan, jadi kita lagi cari juri karena berbeda dengan kategori lain, at least punya nama terkenal di Asia gitu lah," tandas Lukman.

FFI 2016 juga menghadirkan lima kategori lainnya yakni Film Bioskop, Film Pendek, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter Panjang dan Film Dokumenter Pendek. Dan kategori untuk nominasi lainnya tidak jauh berbeda dengan FFI di tahun sebelumnya. Untuk nominasi FFI 2016 akan diumumkan pada Oktober mendatang dan Malam Puncak FFI dihelat pada November 2016 dan disiarkan secara langsung di Televisi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading