Sukses

Entertainment

Editor Says: Saipul Jamil, Perkara (Nyaris) Tak Berujung

Fimela.com, Jakarta Saipul Jamil harus melewati jalan hidup yang tragis. Tersohor sebagai penyanyi dan juri di ajang pencarian bakat, tiba-tiba berusan dengan hukum. Perkara yang menyeretnya ke ranah hukum pun soal pelecehan seksual. Selesai satu perkara selesai, perkara berikutnya sudah menanti; kali ini ia terseret dalam dugaan suap atas panitera. Sampai kapan perkara yang menerpa Saipul Jamil akan selesai?

***

Kehidupan Saipul Jamil di pentas entertainmen lumayan berhasil. Ia yang membina karier di dunia entertainmen sebagai penyanyi dangdut biasa, pelan-pelan merangkak dan tersohor. Bahkan  ia bisa eksis di pentas entertanmen tanah air. Kiprahnya berkembang dari penyanyi dangdut menjadi presenter, lalu ia juga dipercaya menjadi komentator ajang pencarian bakat  di televisi. Popularitas Ipul –begitu ia biasa disapa- pun meroket.  Rizkinya pun melimpah.

Kisah Saipul Jamil, dari Dewi Perssik hingga kasus pencabulan (Foto: Bintang Pictures, Desain: Muhammad Iqbal Nurjfajri/bintang.com) 

Sukses dalam karier ternyata tak dibarengi dengan kesuksesan dalam berumahtangga. Beberapa kali membina rumah tangga selalu kandas. Pernikahannya dengan pedangdut Dewi Perssik kandas di tengah jalan. Kemudian pernikahan kedua dengan gadis desa bernama Virginia Anggraeni berakhir dengan tragis dalam sebuah kecelakaan maut di jalan Tol Purbaleunyi (Cipularang), Jawa Barat. Saat itu masih dalam suasana lebaran, Ipul bersama keluarga termasuk Virginia bertolak dari Jakarta menuju kampung Virginia. Namun malang di tengah jalan terjadi kecelakaan. Ipul dan beberapa penumpang luka-luka sedangkan sang istri pergi untuk selamanya.

Setelah kepergian sang istri Ipul memang dikabarkan dekat dengan beberapa wanita, namun tak satu pun yang berujung ke pelaminan. Ia kemudian lebih berkonsentrasi dengan karier sebagai penyanyi, presenter dan komentator di televisi.

Karier yang bagus membuat pendapatan Ipul terus mengalir. Secara materi ia mapan. Punya rumah bagus di bilangan Kelapa Gading, punya kendaraan mewah sebagai tumpangan ke sana ke mari. Dan juga punya tabungan yang cukup. Pedeknya di jajaran pedangdut pria, meski lagunya tak ngetop-ngetop amat, Ipul terbilang berhasil.

Kisah Saipul Jamil, dari Dewi Perssik hingga kasus pencabulan (Foto: Bintang Pictures, Desain: Muhammad Iqbal Nurjfajri/bintang.com)

Memiliki  materi yang berlimpah membuat Ipul mudah meraih apa pun yang ia inginkan. Dari kebutuhan jasmani hingga kebutuhan rohani. Secara materi tak ada yang kurang dari seorang Ipul, hanya urusan cinta yang kurang. Dua kali menikah dan berakhir dengan air mata.

Tiba-tiba publik dikejutkan dengan penangkapan atas Ipul yang dilakukan oleh pihak kepolisian Resort, Kelapa Gading. Inilah yang mulai mengubah semuanya. Gemerlap dunia artis berubah menjadi pentas kegelapan. Ia yang tadinya tidur di rumah mewah dan kasur empuk harus mendekam di hotel prodeo yang gelap, pengap dan beralaskan sehelai tikar. Kontras sekali dengan keadaannya sebelum ditangkap polisi.

Persidangan Panjang yang Melelahkan

Saipul Jamil masih tetap tersenyum sepanjang proses sidang perkara dugaan pelecehan seksual yang menimpanya. Berbagai adegan lucu terekam sepanjang persidangan perkara pelecehan seksual yang dilakukan Ipul  atas pelajar berinisial DS. Mulai dari senyum manisnya saat berhadapan dengan lensa kamera, sampai aksi selfie Ipul dengan kuasa hukum, wartawan dan penggemar di ruang  sidang. Ipul tampak enjoy melewati proses persidangan yang  bagi sebagian orang adalah hal yang menyakitkan dan juga memalukan.

Foto Selfie Ipul di ruang sidang paling banyak mendapat sorotan. Bahkan media asing  pun sampai memberitakan, meski ada yang keliru menyebut Ipul sebagai artis dari Thailand. Itulah Ipul, selalu heboh dan amat menikmati sorotan jepretan kamera fotografer dan sorotan kamerawan media elektronik.

Saipul Jamil saat groufie bersama para penggemarnya. (Liputan6.com/Muslim AR)

Setelah melewati proses persidangan yang panjang akhirnya Majelis Hakim memutuskan perkara dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Saipul Jamil atas pelajar DS. Ia dihukum dengan tiga tahun kurungan penjara dipotong masa tahanan. Vonis ini jauh dibawah tuntutan yang diberikan JPU berupa 7 tahun penjara dan denda Rp 100 juta. Namun majelis punya pertimbangan sendiri menjatuhkan vonis 3 tahun itu.


Tak lama setelah kasus pelecehan seksual dinyata putus. Muncul lagi perkara berikutnya. Syamsul Hidayatullah, kakak merangkap sebagai manajer Ipul tertangkap dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT) yang dilaukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Syamsul bersama pengacara Ipul, diduga melakukan suap untuk seorang panitera di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, di mana Ipul disidangkan. Ipul pun terseret dalam perkara ini. Untuk tahap awal memang masih sebagai saksi, namun tidak menutup kemungkinan statusnya bisa meningkat. Semua, kata pihak KPK, tergantung
hasil penyidikan.

Saipul Jamil usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Deki Prayoga/Bintang.com)

Kini Ipul masih harap-harap cemas, apakah statusnya akan tetap sebagai saksi dalam kasus suap yang melibatkan sang kakak, atau akan meningkat menjadi tersangka.  Sekali lagi semua tergantung hasil penyidikan pihak penyidik KPK.

Seandainya statusnya meningkat menjadi tersangka, persoalan akan semakin panjang. Selesai perkara satu bersambung lagi dengan perkara berikutnya. Dan perkara yang kedua ini tidak main-main, berusuan dengan  KPK.  Bayangan Ipul yang akan meniti karier lagi di dunia entertaianmen tampaknya harus dibuang jauh-jauh dahulu.  Kapan perkara Ipul akan selesai menjadi sebuah pertanyaan yang teramat sulit untuk dijawab.

 

Edy Suherli,
 

 


 
Redaktur Kanal Celeb

Bintang.com

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading