Sukses

Entertainment

Film 90-an, Tia Ivanka Dikenal Berkat Panji dan Tuyul & Mbak Yul

Fimela.com, Jakarta Banyak bintang baru bermunculan saat dunia televisi, terutama sinetron Indonesia, mulai booming di era 90-an. Salah satunya adalah Tia Ivanka. Ada dua sinetron yang membuat namanya dikenal yaitu Tuyul dan Mbak Yul dan Panji Manusia Millenium. Seperti kebanyakan artis sinetron lainnya, Tia memulai karir di dunia hiburan dengan menjadi seorang model.

Wanita yang beberapa kali berganti pekerjaan ini mulai berubah jalan hidunya sejak menjadi model iklan sebuah produk. Tertarik dengan bakat Tia, sutradara iklan tersebut mengajaknya untuk bermain sinetron. Pemilik nama asli Artia Dewi Siregar ini mengawali debutnya di dunia akting dengan tampil di sinetron New Pondok Indah.

Tia Ivanka. foto: lovely today

Setelah itu, Tia mulai laris mendapat tawaran bermain sinetron. Beberapa sinetron yang pernah dibintanginnya antara lain, Darah dan Cinta, Opera Sabun Mandi, Istri Istri, Hari Berganti Hari, Panji Manusia Millenium, Kehormatan, Tuyul dan Mbak Yul, Rosalinda ,serta Terajanna. Lawan main yang kerap mendampingi Tia, salah satunya adalah Primus Yustisio.

Mereka pernah bermain bersama antara lain dalam sinetron Panji Manusia Millenium, Kehormatan, dan Yusra dan Yumna. Di sinetron Tuyul dan Mbak Yul yang tayang di tahun 1997, Tia baru muncul di tahun 1998. Ia berperan sebagai Yulfani, adik dari Mbak Yul (Yulia) yang diperankan Dominique Sanda.

Primus Yustisio dan Tia Ivanka di sinetron Panji Manusia Millenium. foto: youtube

Dua adik Yulia lainnya dimainkan oleh Rita Herawati dan Ersa Mayori. Sedangkan karakter Tuyul yang baik hati dimainkan oleh Ony Syahrial. Sinetron yang berakhir di tahun 2002 ini, kembali ditayangkan ulang di salah satu stasiun TV swasta sejak bulan lalu.

Setelah sukses di dunia akting, wanita kelahiran Medan, 8 September 1978 ini mencoba keberuntungannya di dunia tarik suara. Di bawah bendera Amartya 8, Tia memadukan vokal bersama Didi Rachman, Anjasmara, Gunawan, dan Anggi. Album yang pernah dirilis Amartya 8 berjudul Cinta Kita.

Sinetron Tuyul dan Mbak Yul. foto: kamar-bujang2.blogspot.com

Tia menikah dengan pria berkewarganegaraan Amerika, George Manuel Sotello, pada Februari 2005. Setelah menikah dan punya anak, Tia sempat vakum dari dunia hiburan. Namun sayangnya, Tia bercerai dengan George setelah enam tahun menikah. Meski sempat kembali berkarir, Tia Ivanka lebih fokus mengurusi bisnis kuliner bersama sejumlah sahabatnya.

Para penggemar yang kangen dengan akting Tia Ivanka, bisa menyaksikan tayangan ulang sinetron Tuyul dan Mbak Yul. Setidaknya kita bisa melihat kembali salah seorang bintang sinetron di era 90-an yang sudah lama absen dari layar kaca.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading