Sukses

Entertainment

Daftar Bioskop yang Akan Putar Kembali Film Klasik Tiga Dara

Fimela.com, Jakarta Sineas Usmar Ismail menjadi sosok penting di balik sejarah perkembangan film Indonesia. Lewat tangan dinginnya, film karya anak negeri pertama dibuat dan dirilis dengan judul Darah & Doa atau Long March of Siliwangi (1950). Setelah itu, pria kelahiran Bukittinggi  tersebut kembali merilis film musikal Indonesia pertama yang diberi judul Tiga Dara.

Restorasi menjadi tema yang diusung pada gelaran FFI 2016, yang dinilai bisa membangkitkan perfilman Indonesia dengan berkaca pada kejayaan film-film Indonesia terdahulu. Sebagai film musikal Indonesia pertama, film Tiga Dara pun dipilih untuk direstorasi dan diputar ulang di bioskop pada 11 Agustus besok.

Film Tiga Dara karya H. Usmar Ismail. Foto: Wikipedia

Film hasil restorasi ini dipastikan akan tayang di 25 bioskop di seluruh Indonesia. Hal itu dikonfirmasi oleh akun twitter Film_Indonesia yang diposting pada Selasa (9/8/2016) kemarin. 25 bioskop itu terdiri dari 20 bioskop grup XXI, 3 bioskop CGV blitz dan 2 bioskop grup Cinemaxx.

Di postingan tersebut kita juga bisa melihat daftar bioskop mana saja yang akan memutar film Tiga Dara. Merestorasi film Tiga Dara bukanlah perkara mudah. Tim S.A Films yang ditunjuk untuk merestorasi pun mengungkap beberapa tantangannya. Tak hanya audio, film keluaran tahun 1956 atau 60 tahun lalu ini juga direstorasi dari sisi fisik filmnya.

Film Tiga Dara bercerita tentang tiga kakak beradik perempuan, Nunung, Nana dan Nenny. Kakak tertua (Nunung) baru saja genap umurnya 29 tahun, yang membuat neneknya resah dengan jodoh sang cucu. Sifatnya yang tidak mudah bergaul dan sedikit ketus membuat Nunung sulit dalam menemukan tambatan hati.

Hingga suatu hari, Nunung bertemu dengan Toto. Toto yang sejak pertama sudah jatuh hati itu terus mendekati Nunung melalui Nana. Sayangnya, diam-diam Nana menaruh hati pada sosok Toto. Terlebih keduanya semakin akrab hingga terjadilah pertunangan. Betapa terkejutnya sang nenek mengetahui hal ini. Ia pun menolak pertunangan Nana dan Toto dan menyebabkan drama yang menarik dalam kisah persaudaraan mereka.

Film Tiga Dara dibintangi oleh Chitra Dewi (Nunung), Mieke Wijaya (Nana), dan Indriati Iskak (Neni). Tak hanya ketiga aktris muda ini, Rendra Karno, Bambang Irawan, dan Fifi Young juga turut memperkuat film ini. Film 3 Dara besutan Usmar Ismail ini berhasil menyabet penghargaan di Festival Film Indonesia (FFI) 1960 untuk Tata Musik Terbaik oleh Sjaiful Bachri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading