Sukses

Entertainment

Syarat Wajib Iwan Fals Agar Mau 'Ditanggap'

Fimela.com, Jakarta Siapa tak mengenal Iwan Fals? Ia menjadi salah satu musisi tanah air yang dianggap legendaris. Banyak lagu yang diciptakan oleh Iwan masih bisa dinikmati sampai saat ini. Bahkan lagu-lagu tersebut menjadi lagu legendaris pula.

Ternyata, Iwan Fals mengungkapkan bahwa siapa saja bisa memintanya untuk mengisi panggung apapun dan di manapun. Namun, pelantun Bongkar ini selalu menekankan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh panitia acara.

Iwan Fals punya syarat untuk siapapun yang mau mengundangnya manggung (Galih W Satria/Bintang.com)

"Kalau mau manggung saya wajibin untuk menanam pohon, itu saya sudah masukin ke kontrak. Lumayan kan dan panitia harus memenuhi juga," kata Iwan Fals di Jalan Antasari, kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (21/8).

Sudah lama Iwan Fals melakukan hal ini. Menurutnya sudah sekitar 15 tahun ia melakukan kebiasaan program menanam pohon. Biasanya ia memberikan pilihan kepada panitia untuk menanam pohon dimana.

"Biasanya kalau ga ada tempat (untuk menanam) di panitia, saya tanam di wilayah sekitar rumah. 15 tahun lah. Saya beruntung juga masuk ke dalam program penanaman pohon di Indonesia," tutur pemilik nama Virgiawan Listanto.

Aksi Iwan Fals di HUT 26 SCTV (Adrian Putra/Bintang.com)

Pola hidup ramah lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon harus digalakkan, begitulah ajak Iwan Fals. Menurutnya, manusia harus bisa menghormati alam dan tak melupakan pohon yang senantiasa tanpa pamrih memproduksi oksigen sebagai penunjang kehidupan.

"Itu pola hidup, karena kita cenderung lupa kalau dia kasiih oksigen. Apalagi saya muslim, setiap daun yang kita tanam itu berzikir. Bahkan dalam peperangan selain wanita dan anak-anak yang tak boleh dibunuh juga dilarang merusak pohon," tukasĀ Iwan Fals.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading