Sukses

News & Entertainment

Dari Jusuf Kalla Hingga Pasha Ungu Apresiasi Film Uang Panai

Bintang.com, Jakarta Digarap oleh sineas lokal Makassar membuat film Uang Panai’ = Maha(r)l terasa begitu spesial. Apalagi film ini tidak melibatkan artis ibukota di jajaran pemain utama. Dialek yang digunakan pemainnya pun asli suku Bugis-Makassar, Sulawesi.

Dari keistimewaan-keistimewaan tersebut, film ini mendapat apresiasi yang cukup besar dari penonton film Indonesia, khususnya yang berasal dari tanah Sulawesi. Seperti Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dan Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu.

 

Nobar bersama pak Wapres.. Semoga terhiburjaki' om 🙏🙏.. #UangPanai #FilmIndonesia

A photo posted by Muh. Zoel Ikram Noer (@ikramnoer) on

Bersama dengan pemain dan kru film Uang Panai’ = Maha(r)l, Jusuf Kalla mengadakan nobar alias nonton bareng di XXI Metropole, Jakarta, Sabtu (3/9/2016) lalu. Jusuf Kalla yang merupakan keturunan Bugis itu diketahui lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Mei 1942 silam.

Sama seperti Jusuf Kalla, Pasha juga berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya Donggala. Pasha mengajak seluruh masyarakat, khususnya Palu, untuk menyaksikan film Uang Panai’ = Maha(r)l. Menurut Pasha, film ini dapat memberikan pelajaran bagi kaum muda yang ingin meminang kekasihnya.

Hampir dua pekan tayang, film Uang Panai’ = Maha(r)l sudah berhasil mengumpulkan 265.248 penonton dan menduduki singgasana film Indonesia terlaris pekan ini. Keseuksesan ini membuktikan bahwa film hasil produksi daerah bisa disukai dan memiliki kualitas yang setara dengan film nasional. Dengan catatan film tersebut di produksi dengan baik dan memiliki cerita yang kuat.

Film Uang Panai berkisah tentang Anca (Ikram Noer) seorang pemuda Bugis-Makassar yang berjuang menyediakan Uang Panai dalam jumlah cukup besar demi mempersunting kekasih idamannya. Dikemas dalam genre drama komedi, film berdurasi 119 menit ini menyajikan cerita daerah menarik yang sebelumnya mungkin tidak kita ketahui.

Loading