Sukses

Entertainment

Bukan Vokalis, 5 Musisi Ini Jadi Leader di Band Mereka

Fimela.com, Jakarta Posisi vokalis seringkali memegang peranan penting dalam sebuah band. Selain menjadi 'juru bicara' saat manggung, tak jarang mereka juga berperan sebagai ikon dari grupnya masing-masing.

Sebut saja Ariel di NOAH atau Iga Massardi di Barasuara, mereka memegang peranan sentral. Tak jarang mereka juga banyak menyumbang lagu dan membentuk karakter band.

Namun nyatanya tak semua band dipimpin oleh vokalis. Seperti sejumlah musisi dan band berikut ini. Siapa saja?

 

1. Ahmad Dhani - Dewa 19

Ahmad Dhani (Andy Masela/Bintang.com)

Dewa 19 adalah satu masterpiece milik musikus Ahmad Dhani. Karena ini adalah band bentukannya, ia bebas mengambil peran apa saja. Sering jadi vokalis, Dhani juga menjadi pianis, backing vocal dan gitaris di grupnya.

2. Jerinx - SID

Superman Is Dead

Formasi trio band punk rock Superman Is Dead diperkuat oleh Bobby Kool, Eka Rock dan Jerinx. Berada di belakang sebagai drummer bukan berarti mengurangi 'kesaktian' Jerinx. Ia kerap menyuarakan aspirasinya lewat lagu dan permainan drumnya di atas panggung. 

3. Badai - Kerispatih

Badai Kerispatih (Andy Masela/Bintang.com)

Dikenal dengan lagu-lagu romantis, Kerispatih sempat mengalami masa keemasan. Mereka sempat berganti vokalis ketika Sammy Simorangkir putuskan hengkang. Namun karena core band ini adalah Badai, mereka mampu bertahan sebelum sang keyboardis turut mundur.

4. Andra - Andra And The Backbone

Andra and The Backbone

Gitaris yang satu ini punya banyak ide yang belum tertuang di Dewa 19. Andra membentuk Andra and The Backbone bersama Stevi Item dan Deddy Lisan. Ia banyak mencipta lagu dan jadi pentolan di band beraliran rock tersebut.

5. Yovie Widianto - Yovie and Nuno

Yovie Widianto (Desmond Manullang/Bintang.com)

Sukses bersama Kahitna, Yovie Widianto membentuk pula Yovie and Nuno untuk menjangkau generasi muda. Lewat lagu-lagunya, Yovie sukses jadi hitmaker, meski bandnya sempat dilanda pergantian vokalis.

Itulah beberapa musisi yang berperan sebagai leader di band masing-masing. Rupanya tak hanya vokalis yang bisa jadi pemimpin band, nama-nama di atas juga sudah terbukti kapasitasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading