Sukses

Entertainment

Editor Says, Amor Fati dalam Hidup Julia Perez

Fimela.com, Jakarta Perjalanan hidup Julia Perez penuh warna. Saat sahabat-sahabatnya yang lain sedang asyik berlibur dengan keluarganya, perempuan yang akrab disapa Jupe itu justru sedang sakit akibat kanker serviks. Ia sedang berjuang demi kesembuhannya.

“Hidup ini adalah perjuangan. Saya harus bisa eksis di dunia entertainmen dengan perjuangan yang tidak ringan. Saya bisa menyelesaikan kuliah hukum juga dengan kerja keras. Saya masih berjuang menghadapi penyakit kanker yang kini masih mendera," kata perempuan kelahiran Jakarta, 15 Juli 1980 kepada Bintang.com, beberapa waktu lalu.

Jupe melakukan operasi hari ini untuk menghindari overdosis. Lantaran penyakit kanker serviks, perut, punggung dan juga kaki sering mengalami sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit itu, ia meminum obat. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Perjuangan perempuan bernama asli Yuli Rachmawati itu, seperti mengingatkan saya pada istilah yang cukup terkenal dari pemikir eksistensialis Friedrich Nietzsche, 'amor fati'.  Secara sederhana, istilah itu merujuk pada upaya untuk mencintai kehidupan, baik suka dan duka. 

Dalam konteks Jupe,  ia dengan sabar menanggung cobaan hidup yang panjang dengan kanker yang bersarang di tubuhnya. Jupe paham betul, kalimat bijak bahwa ikhlas menanggung nasib adalah luhur. Namun, lebih luhur jika menanggung sekaligus mencintainya.

Senin (26/12/2016). Ahok datang bersama rombongan artis lainnya, seperti Cathy Sharon dan Fairuz. Dari video yang diunggah, baik Ahok dan Jupe saling meminta doa. (Instagram/juliaperrezz)

Ia menghadapinya dengan penuh kesabaran, keteguhan, dan pantang menyerah, serta harapan akan kesehatan berupa kesembuhan.  Ia tak menjadikan sakit untuk berhenti berkarya. Kekuatan Jupe juga karena banyak orang di sekelilingnya yang terus menyokong dan menyemangatinya.

"Senin lalu (26/12/2016), sudah dilakukan operasi syaraf di perut, kan. Kali ini akan di operasi belakang tulang punggung. Operasi syaraf bertujuan supaya sakitnya terblok, supaya gak terlalu berlebihan buat enam bulan  hingga satu tahun.  Setelah itu evaluasi lagi untuk masalah nyerinya," ujar Jupe.

Diatas tempat tidur, Jupe tidak mengucapkan sepatah kata apapun. Namun, ia masih menyempatkan mengacungkan kedua jempolnya. Yang bisa  menjadi pertanda semangat yang dimilikinya untuk tetap berjuang dan mendapatkan kesembuhan. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Jelang akhir 2016, ia juga menjalani operasi syaraf di tulang belakangnya. Hal itu dilakukan agar ia tak overdosis akibat mengonsumsi obat. Pasalnya, kanker serviks yang dideritanya selama ini membuat beberapa bagian tubuhnya mengalami sakit yang tak tertahankan.

Beberapa di antaranya bagian perut, punggung, dan juga kaki. Ketika rasa sakit tersebut datang menyerang, Jupe pun harus mengonsumsi obat khusus dalam interval jam. Secara medis, hal ini tak baik untuk kondisi kesehatannya.

Sikap Menerima terhadap Kehidupan

Penerimaan terhadap 'amor fati'  membuat Jupe kian memahami, jika hidupnya tak sekadar untuk dirinya semata, tapi juga demi orang lain.  Sikap itu diperlihatkan Jupe dari dukungannya terhadap Yana Zein, artis sedang berjuang melawan kanker payudara.

Sebuah dukungan yang tak mudah dilakukan bagi orang lain.  Saat sedang sakit, ia justru peduli dan mendukung orang lain demi kesembuhannya. Hal itu yang membuat dirinya mendapat pujian dari sahabatnya, Zaskia Gotik. Pujian yang lebih pada dukungan semangat.

Pengajian dirumah Ibunda Julia Perez (Nurwahyunan/bintang.com)

"Mereka wanita-wanita luar biasa tetap semangat tetap bahagia. Love u @juliaperrezz @riairawan. Cepat sembuh kakak-kakak ku Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kalian," tulis Zaskia Gotik dalam akun Instagram @zaskia_gotix.

Perhatian dari sejumlah sahabatnya pun sempat muncul ke permukaan. Saat itu Jupe dikabarkan sedang mengalami krisis keuangan. Hal itu menimbulkan kepedulian dari beberapa sahabat selebriti, termasuk Jessica Iskandar. Ia sempat berencana membuat aksi penggalangan dana.

"Mereka wanita" luar biasa tetap semangat tetap bahagia Love u 😘 @juliaperrezz @riairawan Cepat sembuh kaka" ku 😘Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kalian," tulis personel Cecepi itu. (Instagram/juliaperrezz)

Mendengar hal itu, Jupe  menolaknya.  Ia beralasan masih banyak di luar dirinya yang lebih membutuhkan. Boleh jadi, sikap  yang disampaikan Jupe tak banyak dimiliki orang lain. 

"Kalau menggalang dana buat rumah singgah saya aja, nggak apa-apa. Sementara ini kan saya pakai BPJS, ya, alhamdulillah bisa. Kalau kerjaan kayak gini kan bintang tamu, saya bisa nyicil," tutur Jupe.

"Saya siap Jumat besok operasi. Jumat berkah insya Allah. Kemungkinan sekitar jam 2 atau jam 3 operasinya," kata Julia Perez di kawasan Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (29/12). (Nurwahyunan/Bintang.com)

Sepanjang 2016 Julia Perez memang dihadang berbagai persoalan yang tak ringan. Ia sempat mengalami kasus perceraian dengan Gaston Castano, begitu juga konflik dengan Nikita Mirzani yang hingga kini belum selesai.  

Dari beragam persoalan yang dihadapi, kanker serviks yang paling menyita perhatian Julia Perez. Namun, ia tetap tegar dan tersenyum. Itu karena penerimaannya yang teguh terhadap suka dan duka kehidupan. Seperti yang sempat ia utarakan, hidup ini adalah perjuangan. 

 

Komarudin

Editor Kanal Celeb

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading