Sukses

Entertainment

Lewat Film, Edo Kondologit Suarakan Perjuangan Masyarakat Papua

Fimela.com, Jakarta Sebuah film berjudul Boven Digoel akan siap ditayangkan pada 9 Februari 2017 mendatang di seluruh bioskop tanah air. Film ini dibintangi oleh Christine Hakim, Joshua Matulessy (JFlow), Edo Kondologit, dan lainnya.

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang dokter yang mendedikasikan ilmunya di pedalaman Papua. Ia berjuang dengan segala keterbatasan sarana transportasi dan peralatan kesehatan di ujung timur Indonesia.

"Satu penghargaan bagi kami semua di film ini terutama saya pribadi terima kasih bunda Christine dan adik J Flow," kata Edo Kondologit di preskon film Boven Digoel, Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Sebagai orang berdarah Papua, Edo Kondologit bisa merasakan perjuangan masyarakat Papua ditengah keterbatasan selama ini, baik di bidang transportasi, pendidikan, sampai pada fasilitas kesehatan.

"Papua itu Indonesia mungkin dengar Boven Digoel saya baru tahu betapa menderitanya mencapai sana butuh waktu lama. Saya membayangkan ketika bung Hatta dibuang, benar-benar terisolasi tempat sulit dijangkau," ujarnya.

"Film ini menunjukkan kepada kita ini lah Indonesia di Papua mereka menjalani keterbatasan yang luar biasa. Ini lah permasalahan utama. Masalah kesehatan ibu melahirkan, angka meninggalnya sangat tinggi di Papua," ucap Edo.

Film ini menurut Edo ingin menyampaikan bagaimana Papua seharusnya dibangun juga sebagaimana kawasan lain seperti daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan lainnya. Ia mengaku senang ketika Christine Hakim ikut bermain di film Boven Digoel.

"Saya senang karena bunda Christine terlibat. Bagaimana film ini menyampaikan masalah terisolasikan kesehatan, pendidikan, permasalahan yang harus kita sampaikan ke pemerintah bahwa Papua adalah wilayah kita dan saudara kita," tukas Edo Kondologit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading