Sukses

Entertainment

Tips Ustaz Solmed Buat Keluarga Artis yang Galau

Fimela.com, Jakarta Perceraian bukan menjadi kabar baru dalam panggung hiburan Indonesia. Semisal gonjang-ganjing rumah tangga keluarga artis, Aming dan Evelyn Nada Anjani yang belakangan menjadi sorotan media. Bahkan, Aming diketahui sudah mengajukan permohonan talak kepada Evelyn.

Kondisi itu memang disayangkan, mengingat Aming dan Evelyn berhasil melewati berbagai ujian selama ini. Mulai dari isu pernikahan sejenis, hingga keguguran yang memupuskan harapan mereka untuk memiliki anak.

Kendati agama tidak melarang, namun Tuhan sangat membenci perceraian. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, 'Ab'khadhal halali illahllahithalaqu'. Perkara hal yang paling dibenci Allah adalah perkara talak.

"Emang udah berpisah. Detailnya ga bisa (kasih tahu). Ada perselisihan. Pasti ada konflik. Permasalahan udah lama," tukas Devi. (Instagram/ev0124)

Tidak ada satupun rumahtangga yang luput dari ujian. Intinya, bagaimana kesabaran dalam menghadapinya. Ustaz Solmed pun punya tips bagi suami istri yang tengah galau menghadapi masalah rumahtangga.

"Dalam Islam ada aturannya, yang pertama kita beri nasihat. Komunikasi mesti jalan, ada apa, kenapa, kok bisa. Meningkat ke jenjang selanjutnya, kalau memang harus pisah ranjang ya pisah ranjang. Pisah kamar, ya pisah kamar, tapi tetap dalam satu rumah. Itu upaya merenung," ungkap ustaz Solmed, kepada Bintang.com, Senin (6/3/2017).

Mencurahkan isi hati tentang masalah rumahtangga boleh-boleh saja. Tapi, harus diungkapkan pada tempat yang tepat. Bagaimana pun juga, masalah rumahtangga merupakan aib yang harus dijaga, dan bukan menjadi konsumsi publik.

Ustaz Solmed (Galih W. Satria/bintang.com)

Celakanya jika masalah itu diungkap kepada orang yang kurang tepat. Atau bahkan dipaparkan di media sosial misalnya, yang justru mengundang banyak reaksi masyarakat dan memicu memperkeruh keadaan.

"Kalau pun harus curhat, sebagai jalan penengah keduanya, ceritalah kepada orang yang tepat. Kepada pengadilan agama yang tahu solusi baik untuk kedua pihak. Harus ke pihak yang kompeten. Jangan ke pihak yang jadi kompor, ditambah bensin. Akan makin meledak itu. Itu kadang yang harus diantisipasi," pungkas Solmed.

Sejatinya pernikahan itu merupakan ikatan yang sangat kuat, tak hanya dalam keluarga artis. Sehingga harus dijaga agar tidak putus. Bukankah lebih indah, jika masalah yang ada diselesaikan dengan baik demi rumahtangga bermahkotakan sakinah, mawaddah, warrahmah. "Tapi kembali pada kedua pasangan, seorang punya pengalaman dalam hidup. Punya kehidupan yang beda antara satu dan lain. Kita nggak tahu orang bercerai karena apa dan kenapa. Saya pikir menjadi ranah pilihan orang tersebut," pungkas ustaz Solmed.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading