Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Entertainment

Dilukis Tanpa Busana, Ini Tema Lukisan Dewi Soekarno

Fimela.com, Jakarta Heboh lukisan Dewi Soekarno tanpa busana yang diposting Pevita Pearce akhirnya membuat sang pelukis, Ronald Manullang angkat bicara. Ronald yang memang pelukis dengan aliran realisme kontemporer kerap melakukan pameran di luar negeri.

Menurut Ronald, tema lukisan Dewi Soekarno yang berdiri tanpa busana disamping Bung Karno yang tengah duduk sambil memegang buku adalah 'Under my Umbrella". Menurutnya, apa yang ditampilkan dalam lukisan tersebut, murni merupakan karya seni.

Pevita Pearce (Nurwahyunan/bintang.com)

Bahkan Ronald menegaskan, lukisan Dewi Soekarno dan Bung Karno ada tujuh buah yang dibuatnya pada sekitar tahun 2011 - 2012. Semua lukisan tersebut sudah dipajang dalam pameran di luar negeri.

"Lukisannya sudah pernah dipamerankan di Singapura, Sydney dan London," ujar Ronald Manullang saat dihubungi Bintang.com, Sabtu (11/3/2017). Saat dihubungi, Ronald sedang berada di Yogyakarta untuk satu keperluan.

Postingan Pevita Pearce, lukisan Dewi Soekarno tanpa busana sedang dampingi Bung Karno. (Instagram @pevitapearce)

Tema 'Under my Umbrella', seperti dikisahkan Ronald, memiliki cerita yang cukup panjang. Bermula saat ia ingin sekali melukis Soekarno namun tidak dengan tema yang biasa. Ia pun melakukan riset, hingga mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Saat berada di sana, Ronald melihat hal yang tak biasanya.

"Saya seperti melihat Bung Karno sedang ditemani malaikat. Kalau saat itu Bung Karno tidak ditemani malaikat, mungkin dia tidak akan tanda tangan naskah proklamasi," terang Ronald.

Sejumlah karya Ronald Manullang. (sumber: ronaldmanullang.wordpress.com)

Melihat hal itu, muncul ide untuk melukis Bung Karno dengan malaikat. Manurut Roland, malaikat yang ada di bayangannya merupakan sosok yang kasat mata, jadi tidak perlu menggunakan busana.

Saat itu terbersit untuk menggunakan rupa dan tubuh Dewi Soekarno, istri Bung Karno menggambarkan sosok malaikat tersebut. Dipilihnya Dewi, lantaran Ronald menilai perempuan berdarah Jepang itu adalah sosok seniman. Salah satu karyanya yang menjadi kontroversi adalah buku Madame de Syuga.

Postingan Pevita Pearce tentang lukisan Dewi Soekarno dan Soekarno yang sudah di blur di akun snapgramnya. (Instagram @lambe_turah)

"Jadi yang baru melihat jangan men-judge. Ini ada konsepnya," tegas Ronald.

Ia juga berpesan agar melihat karya seni, harus dalam perspektif seni juga.

"Melihat karya seni itu jangan lihat fisik dan permukaannya saja," ujar Ronald Manullang.

Seperti ramai diberitakan sebelumnya lukisan Dewi Soekarno tanpa busana menjadi pembicaraan di media sosial setelah diposting artis cantik Pevita Pearce.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading