Sukses

Entertainment

Christian Sugiono Bicara Soal Pendidikan di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Menjadi salah satu selebritas yang terlibat dalam perayaan Pesta Pendidikan, Christian Sugiono pun memiliki pandangan terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Dikatakan suami dari Titi Kamal itu, pendidikan di Indonesia saat ini masih sekedar proses mengajarkan. Bagi Tian, belum penerapan pelajaran yang didapat di sekolah dengan praktek yang bisa membuat para muridnya berkembang dari segi pengalaman.

"Kalau saya melihat pendidikan saat ini di indonesia masih sebatas transfer ilmu saja dari guru ke murid. Tapi penerapannya contoh-contohnya itu masih kurang," ungkapnya saat ditemui di RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat, Selasa (2/5/2017).

Tian pun lantas berbagi pengalamannya saat menjalani pendidikan di bangku sekolah kala berada di Jerman dahulu. Tak sekedar belajar, kurikulum di Jerman juga mengharuskannya untuk ikut aktif menerapkan ilmu yang didapat dalam kesehariannya.

"Saya tidak ingin membandingkan, tapi saya mempunyai pengalaman juga di Jerman. Di sana ada, ternyata belajar bahasa Jerman bukan belajar bahasanya, tapi belajar bahasa Jerman itu selama satu semester hanya ada satu buku yang dibaca dan kita berargumen. Itulah kenapa kita masih kurang, karena kita hanya baca dari buku lalu dituangkan di kertas ulangan dan ujian lalu dapat nilai. Jadi value dan nilai dari argumentasi atau opini dari murid itu tidak dinilai. Karena kalau kita berargumen dengan pengajar itu bisa dilihat kurang baik," paparnya.

Titi Kamal - Christian Sugiono (Deki Prayoga/bintang.com)

Bapak satu anak itu pun berharap, ke depannya dunia pendidikan di Indonesia bisa lebih berkembang ke arah yang lebih baik. Tak hanya mengajarkan materi pelajaran, namun juga bisa membuat murid-muridnya lebih aktif.

"Jadi menurut saya mudah-mudahan hal tersebut dapat diubah ke depannya dan masyarakat Indonesia yang masih sekolah bisa menjadi lebih kritis," pungkas Christian Sugiono.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading