Sukses

Entertainment

Video: Proses Kreatif Tulus Menciptakan Sebuah Lagu

Fimela.com, Jakarta Setiap musisi memiliki metode tersendiri untuk menciptakan karya, termasuk solois Tulus. Ia mengaku bahwa proses penulisan lagu yang ia jalankan terasa sangat unik dan sulit untuk dibahasakan.

"Kalau proses menulis lagu itu agak unik, bukan agak lagi sangat-sangat unik justru dan sangat sulit juga untuk dibahasakan," kata Tulus kepada Bintang.com, beberapa waktu lalu.

Menariknya, pelantun Ruang Sendiri ini pernah mencoba secara sengaja mencari inspirasi, namun tidak berhasil. Menurut Tulus, menulis lagu tidak dapat memaksakan kondisi.

"Beberapa kali mencoba sengaja mencari inspirasi mau nulis, itu justru nggak dapat sama sekali lagunya, tapi cuma diam di kamar, bengong aja malah dapet, malah selesai lagunya. Memang menulis itu nggak bisa dipaksakan kondisinya juga nggak bisa dibuat-buat, benar-benar inspirasi itu kayak kesambet," tambahnya.

Tulus (Adrian Putra/Bintang.com)

Selain itu, Tulus juga mengungkapkan bahwa ia akan menulis lirik lebih dahulu daripada judul lagu. Seperti hampir keseluruhan lagu di album Monokrom yang judulnya baru didapatkan setelah mixing.

"Pasti lirik dulu, judul itu belakangan. Saya bahkan hampir seluruh lagu yang ada di album Monokrom judulnya baru ada terakhir-terakhir setelah mixing," jelas Tulus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading