Sukses

Entertainment

Tak Mau Istirahat Terganggu, Titiek Puspa Pilih Pakai Popok

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini popok bagi orang lanjut usia (lansia) semakin banyak digunakan. Beberapa kemudahan dirasakan oleh mereka, juga keluarga yang merawatnya. Hal ini pun diakui oleh penyanyi senior, Titiek Puspa.

"Kalau mau kemana-mana jadi nggak buru-buru ke toilet saat sudah nggak tahan. Apalagi di mall, sudah tempatnya jauh. Saat mau buang air kecil di situ aja, di popok," kata Titiek Puspa di acara Senam Ringan Lansia Lifree, Balai Sudirman, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (14/5).


Sebagai perempuan, masalah buang air menjadi permasalahan tersendiri. Apalagi untuk seorang Titiek Puspa yang sudah berusia lanjut. Toilet umum yang seringkali tak higienis bisa dihindari dengan penggunaan popok.

"Kita seperti perempuan tidak berhubungan dengan toilet umum. Kalau saya gak pakai, elap dulu, tutup pakai tisu, baru duduk. Enggak bisa lama-lama duduknya. Duduknya was-was juga. Kalau pakai Lifree, tinggal buang atau cuci terus pakai lagi," ujarnya.

Setelah hampir putus asa menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura. Ia seperti mendapatkan isyarat. Selain itu, sejak usia 35 tahun, ia juga mengatur pola makan. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ketika memasuki usia di atas 50 tahun, kemampuan organ tubuh seseorang akan terus menurun. Termasuk mengendurnya otot panggul yang menyebabkan kebocoran urin (inkontinensia) sehingga seseorang tidak bisa menahan buang air.

"Kalau orangtua, lagi bobok, pipis itu bisa jadi 3 kali. Kalau enggak pakai popok, bisa terganggu tidurnya. Kalau pakai popok tinggal pipis aja. Jadi tidurnya bisa terpenuhi. Kalau kita harus menahan pipis, bisa batu kan. Sangat berpengaruh," tuturnya.

Titiek menambahkan, demi kenyamanan dan terpenuhinya kebutuhan tubuh, rasa malu untuk menggunakan popok harus dihilangkan. "Sangat berguna untuk orangtua ini. Aku mau memberikan saran kepada orangtua, pakai popok biar tidurnya berkualitas," tukas Titiek Puspa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading